Waspada Ciri ATM Dipasangi Alat Skimming

Waspada Ciri ATM Dipasangi Alat Skimming

Saat perjalanan mudik, pastikan uang tunai cukup. Kalaupun harus mengambil uang di ATM, pastikan aman dan tidak dipasangi alat skimming.

Skimming adalah tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening. Untuk melakukan kejahatan ini, pelaku akan memasang alat khusus bernama scammer.

Alat tersebut berbentuk mirip dengan mulut slot kartu ATM. Saat kartu dimasukkan ke dalam scammer, maka alat itu akan merekam informasi dari kartu secara otomatis.

Berikut ciri-ciri yang harus diperhatikan agar terhindar dari tindak kejahatan tersebut, mengutip pakar keamanan cyber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, dalam cuitannya di Twitter.

1. Ada Alat Terpasang di Mulut ATM

Mesin ATM, ditempeli perangkat yang bisa merekam data kartu milik nasabah. Alat ini biasanya ada di bagian mulut tempat memasukkan kartu.

Di bagian atas penutup tombol ATM, diletakkan kamera untuk merekam PIN ATM milik nasabah.

“Biasakan setiap mau transaksi di ATM manapun, raba di bagian atas langit-langit penutup tombol sebelum masukin PIN ATM,” katanya.

2. Lokasi Sepi

Mesin ATM yang dipasangi alat skimming biasanya ada di lokasi yang kurang banyak orang. Mesin ATM di lokasi-lokasi ini biasanya menjadi sasaran empuk para penjahat, misalnya di SPBU.

“Jadi, ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di tempat-tempat tersebut, sebaiknya hati-hati,” ujarnya mengingatkan.

Untuk itu, ia menyarankan agar masyarakat melakukan transaksi cardless alias tanpa menggunakan kartu. Selain itu juga, pisahkan rekening utama dan rekening yang digunakan untuk transaksi.

Menurutnya, korban skimming bisa datang dari nasabah bank mana saja. Karena itu, tetap waspada dan berhati-hati saat perjalanan mudik.

sumber:detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.