THR Lebih Besar Tahun Ini Pemerintah Kasih : Segini Besarannya!

THR Lebih Besar Tahun Ini Pemerintah Kasih : Segini Besarannya!
THR Lebih Gede Tahun Ini Pemerintah Kasih : Segini Besarannya!
fhoto: Mentri Keuangan Ri, Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers terkait kebijakan THR dan Gaji ke-13(Tangkap Layar Youtube Kemenkeu RI)

Proses pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) kini telah dimulai. Bila syarat administrasi telah terpenuhi, maka H-10 lebaran, THR akan masuk ke rekening.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, THR dan juga Gaji ke-13 ini merupakan wujud penghargaan pemerintah atas kontribusi ASN dan juga pensiunan di mana dalam dua tahun telah menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai pelayanan masyarakat dan upaya untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Kebijakan ini diharapkan akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menambah daya beli masyarakat,” tuturnya dalam konferensi pers, akhir pekan lalu.

Sri Mulyani pun menyebut, besaran THR pada 2022 ini akan lebih besar dibandingkan 2021.

“Untuk THR dan Gaji ke-13 tahun 2022 ini dilakukan penyesuaian besaran, yaitu diberikan sebesar gaji dan pensiunan pokok plus tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum. Dan untuk tahun ini kita tambahkan 50% dari tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja, jadi lebih besar dari 2021,” paparnya.

Dia mengatakan, karena THR dan Gaji ke-13 diberikan kepada ASN di pemerintah pusat dan daerah, maka untuk instansi Pemda yang mengelola ASN daerah paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah masing-masing yang diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Jadi, kalau untuk pemerintah pusat tunjangan kinerja ditambahkan THR dan gaji ke-13, untuk instansi daerah paling banyak 50% tambahan penghasilan,” ujar Sri Mulyani.

sumber: cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.