Easy With Knowledge

Survei lsi denny netizen memegang peran kunci untuk pemenangan pada pilpres 2024

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Studi terbaru yang dilakukan LSI Denny JA pada awal Juli 2022 menyebutkan bahwa suara komunitas digital alias netizen berpotensi besar mempengaruhi hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Tas suara komunitas digital ini bergabung dengan tas suara besar lainnya yang sudah ada dan berdampak pada pemilihan presiden, yaitu Wong Small Polling dan Islamic Voter Polls. Ade Mulyana, Direktur CPA-LSI Denny JA, mengatakan hasil survei terbaru yang dilakukan LSI Denny JA menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah, dua tahun sebelum pemilihan presiden 2024, komunitas digital atau biasa disebut Netizen , adalah 50 persen untuk pengguna Facebook.
Kemudian mencapai 60 persen untuk pengguna WhatsApp dan grup WhatsApp. “Jadi kalau angka ini lebih dari 50 persen, maka jaring-jaring ini adalah suara besar baru selain suara besar yang lama, misalnya kita tahu suara besar dari pemilih miskin dan Muslim,” katanya. Obrolan virtual XYZ+ Ade Mulyana pada Sabtu (16/7/2022) bertajuk ‘Netizen Tentukan Pemenang Pilpres 2024’.

Baca juga: Politisi Golkar: KB adalah aliansi politik untuk pemilihan presiden, legislatif, dan daerah.

Ia menjelaskan, untuk survei nasional ke depan, pihaknya lebih concern menggali informasi yang mendalam dan detail tentang potensi pengguna masing-masing jejaring sosial, antara lain Instagram, YouTube, Twitter, dan Tik Tok. Fenomena munculnya pilihan-pilihan potensial baru yang menjadikan masyarakat digital sebagai pilihan dalam pemilu juga terjadi di Filipina, di mana putra mantan diktator Ferdinand Marcos, Ferdinand Marcos Jr, memenangkan pemilu dan menjadi orang nomor satu. Berkat kampanye digital yang hebat di Filipina. Menurutnya, ada dua kesamaan antara situasi di Indonesia dan Filipina.

Baca juga: Survei Indopol: Hasil simulasi Empat Poros Pilpres 2024, Anis-AHI Raih Suara Terbanyak.

Pertama, Filipina hampir menjadi kediktatoran di bawah Marcos. Indonesia juga mengalami era Orde Baru, era Suharto.
Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/17/survei-lsi-denny-ja-netizen-memegang-peran-kunci-untuk-pemenangan-pilpres-2024