Easy With Knowledge
News  

Sorotan Piala Dunia 2022: FIFA meluncurkan sistem deteksi offside untuk membantu kinerja VAR

Dunia-Ilmu.com – Piala Dunia Qatar 2022 adalah platform di mana FIFA akan memamerkan teknologi baru mereka.

Dilansir situs resmi FIFA, sistem deteksi offside akan melengkapi Video Assistant Referee (VAR) yang akan diterapkan pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sistem tersebut adalah Offsides semi-otomatis yang dapat mendeteksi pergerakan bola dan pemain secara real-time selama Piala Dunia Qatar 2022.

Baca juga: Sorotan Piala Dunia 2022 – Singkirkan drone nakal, Qatar ajak perusahaan AS bekerja sama

Wasit Inggris Martin Atkinson menyaksikan Video Assistant Referee (VAR) saat pertandingan Liga Inggris antara Norwich City dan Chelsea pada dini hari Jumat (11/3/2022).  Laga berakhir dengan skor 1-3 (0-2).  AFP/GLYN KIRK
Wasit asal Inggris Martin Atkinson menyaksikan Video Assistant Referee (VAR) saat pertandingan Liga Inggris antara Norwich City dan Chelsea pada dini hari Jumat (11/3/2022). Laga berakhir dengan skor 1-3 (0-2). AFP/GLYN KIRK

Teknologi yang diluncurkan FIFA ini menggunakan 12 kamera yang ditempatkan di bawah atap stadion.

Kamera dapat melacak hingga 29 titik data per pemain.

Pergerakan pemain dipantau 50 kali per detik untuk secara akurat menentukan waktu tertentu.

Setelah informasi diperoleh dengan algoritme canggih, peringatan tentang kemungkinan offside dikirim ke perangkat Video Assistant Referee (VAR).

Kemudian, setelah mendeteksi pergerakan pemain dengan bola, jika pemain dinilai offside oleh VAR, sistem segera menginformasikan wasit di lapangan dalam beberapa detik.

Sistem baru diperkenalkan untuk meningkatkan VAR, yang telah menerima kritik terus-menerus sejak diperkenalkan pada 2018.

Sementara sistem 3D sedang dikembangkan, diharapkan teknologi ini akan membantu wasit di lapangan untuk melakukan kompetisi seadil mungkin.

(Tribunnews.com/Deivor)

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/superskor/2022/07/21/sorotan-piala-dunia-2022-fifa-luncurkan-sistem-pendeteksi-offside-untuk-bantu-kinerja-var