Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2022 pada 1 April

Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2022 pada 1 April
Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

Kementerian Agama atau Kemenag akan menggadakan Sidang Isbat penetapan awal bulan puasa 2022 pada Jumat, 1 April 2022. Ini jadwal dan hyperlink Sidang Isbat awal Ramadan 1443 H.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib mengatakan, Sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan atau rukyatul hilal.

Secara hisab, menurut Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” katanya, dikutip dari laman Kemenag, Rabu (30/3).

Awal bulan puasa 2022

Lantas kapan awal bulan puasa 2022 atau Ramadan 1443 H?

Adib mengataka, masih menunggu hasil rukyatul hilal. “Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” ungkap dia.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H,” imbuh Adib.

 

Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Kemenag Ismail Fahmi menambahkan, Sidang Isbat awal Ramadan 1443 H juga akan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Sidang akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara on-line melalui zoom meeting,” katanya.

“Hasil Sidang Isbat akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan juga RRI. Penyampaian hasil Sidang Isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” tambah dia.

Sidang Isbat penentuan awal puasa akan dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga selesai.

Link dwell streaming bisa disimak melalui YouTube dan media sosial Kementerian Agama

berikut ini.

Dapat juga disimak melalui TVRI dalam hyperlink

berikut ini.

sumber:kontan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.