Easy With Knowledge
News  

Shinzo Abe Meninggal Presiden Korea Selatan Kehilangan Jepang yang Bersejarah

Wartawan Tribune News Fitri Wlandari

Dunia-Ilmu.com, SEOUL – Presiden Korea Selatan Yun Seoul menyampaikan belasungkawa kepada istri mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Aki Abe.

Berbicara selama rapat umum kampanye untuk anggota partai di Nara, Abe mengungkapkan kesedihan atas kematian seorang pria bersenjata di leher dan dada.

Baca lebih banyak: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah dipecat, kata polisi

“Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan orang-orang Jepang atas berpulangnya Perdana Menteri terlama dan politisi terhormat dalam sejarah Jepang,” kata Yun dalam sebuah pernyataan.

Yun, yang dikutip situs Al Jazeera, Sabtu (9/7/2022), juga menegaskan bahwa penembakan itu adalah ‘kejahatan yang tak termaafkan’.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meninggal di negara itu pada Jumat sore.

Dia ditembak mati saat berbicara dengan anggota partai di Nara.

Perdana Menteri Fumio Kishida sebelumnya menggambarkan Abe sebagai “dalam kondisi kritis” setelah ditembak di leher dan dada.

Beberapa jam kemudian, Abe dinyatakan meninggal pada usia 67 tahun.

Baca lebih banyak: Penembak Shinzo Abe sedang mengumpulkan senjatanya sendiri, ada ranjau di rumah, penduduk diminta untuk pergi.

Dalam hal implikasi politik, Abe menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang selama dua periode dari 2006 hingga 2007 dan dari 2012 hingga 2020.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/09/abe-meninggal-presiden-korsel-jepang-kehilangan-politisi-terhormat-dalam-sejarah-konstitusionalnya