Shalat Tarawih Pertama 2022? Ini Prakiraannya

Shalat Tarawih Pertama 2022? Ini Prakiraannya

JAKARTA. Informasi mengenai kapan shalat tarawih pertama 2022 dan puasa Ramadhan mulai tanggal berapa, menjadi dua pertanyaan yang banyak ditanyakan di internet. Awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Dengan demikian, shalat tarawih pertama akan dilaksanakan pada Jumat (1/4/2022) malam.

Hal itu jika merujuk pada Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H. “1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu Pon, 2 April 2022 M,” tulis maklumat tersebut. Masih dalam maklumat yamg sama, disebutkan Ramadhan 2022 berumur 30 hari sehingga 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 2 Mei 2022.

Sementara itu, penetapan tarawih pertama dan awal puasa Ramadhan 2022 oleh Kementerian Agama RI (Kemenag) masih menunggu keputusan sidang isbat. Penentuan awal puasa Ramadhan menurut pemerintah Kemenag dijadwalkan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1443 H pada Jumat (1/4/2022).

Dilansir dari laman kemenag.go.id, sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, duta besar negara sahabat, dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam. Sidang Isbat juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Turut diundang pula pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tahapan sidang isbat Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menerangkan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai

“Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui dwell streaming,” ujar Adib. Kedua, pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1443 H. Sesi ini digelar secara tertutup setelah shalat Maghrib.

Selain information hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal atau konfirmasi yang dilakukan tim Kemenag di 78 lokasi di seluruh Indonesia. Terakhir, tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat. Link dwell streaming sidang isbat 2022 Adib menambahkan, konferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag.

Berikut Bisa Anda Klik Link  streaming sidang isbat 2022dibawah ini :

Demikian

sumber:kontan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.