Sebelum Menjual NFT di OpenSea atau Marketplace Lain, Kenali Dulu Cara Kerjanya

Banyak orang kini mencoba peruntungan dengan menjual NFT di OpenSea atau marketplace lain. Jika Anda juga ingin menjual NFT di OpenSea atau marketplace lainnya, mari mengenal terlebih dahulu tentang cara kerja NFT.

Tren menjual NFT di OpenSea atau marketplace lain mencuat setelah Ghozali menjadi miliarder berkat menjual NFT di OpenSea. Ghozali menjual NFT di OpenSea berupa foto selfie dirinya dengan harga di atas Rp 1 miliar.

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. NFT adalah produk investasi turunan dari kripto.

OpenSea adalah marketplace international untuk jual beli NFT. Marketplace NFT OpenSea berdiri pada 2017 di New York, Amerika Serikat (AS).

Selain OpenSea, di Indonesia juga ada marketplace lokal untuk jual beli NFT seperti TokoMall, Paras.id, Enevti, Kolektibel, Baliola, Artsky, dan Metaroid dll.

Baca Juga: Berkat NFT, Dua Anak Muda Pendiri OpenSea Ini Menjadi Milyarder Baru

Nah, sebelum Anda ikut menjual NFT di OpenSea atau marketplace lain, mari simak cara kerja NFT yang dirangkum dari Kompas.com berikut ini.

Cara kerja NFT

NFT adalah bagian dari teknologi blockchain, sistem penyimpanan information virtual yang memungkinkan pengguna bisa saling move information secara rahasia, melalui skema enkripsi dalam kriptografi. Skema itu bisa mengonversi information informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga information tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki datanya.

Ada banyak information dalam blockchain, salah satunya adalah mata uang kripto seperti Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya. Nah, bentuk information dalam sistem blockchain itu kian berkembang, salah satunya adalah sertifikat virtual NFT.

Sebagaimana disebut di atas, sertifikat virtual pada NFT ini biasanya ditanamkan pada gambar, foto, video, atau karya-karya seni virtual lainnya. Ketika karya seni virtual itu menjadi NFT, yang mana berarti telah dienkripsi dalam blockchain.

Karena itu, karya seni virtual itu tidak dapat diduplikasi di dunia maya, oleh orang yang bukan pemilik aslinya. Sederhananya, NFT bisa dikatakan seperti sertifikat fisik hak cipta yang dapat menjamin keaslian suatu karya seni.

Bedanya NFT berupa sertifikat digital. Berbagai karya yang dijadikan NFT sendiri, misalnya gambar atau video, biasanya bisa disimpan dan dilihat oleh banyak orang. Namun, hanya ada satu orang yang memiliki versi aslinya yang dilengkapi dengan sertifikat kepemilikan virtual yang tersimpan di dalam blockchain.

NFT sendiri dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (17/1/2022), digunakan pertama kali pada sebuah recreation blockchain bernama CryptoKitties pada Oktober 2017 lalu. Dalam recreation tersebut, pengguna bisa mengadopsi atau memelihara seekor kucing virtual.

Layaknya memiliki binatang peliharaan di dunia fisik, seekor kucing virtual bakal memiliki identitas (token) unik untuk menunjukkan bahwa kucing tersebut dimiliki sepenuhnya oleh seorang pengguna.

Dari cara kerja NFT ini, mungkin bisa dibayangkan secara kasar mengapa harga NFT bisa melambung. Alasan paling mendasar dari pertanyaan tersebut adalah, karena tidak ada penguasaan dan dominasi dalam skema perdagangan NFT. Dengan kata lain, tidak ada aktor dominan yang bisa mengendalikan harga di NFT.

Cara membuat, membeli dan menjual NFT di OpenSea

Dilansir dari Kompas.com, NFT biasanya diperdagangkan melalui skema lelang yang dapat dijumpai pada beberapa situs online, salah satunya yakni OpenSea. Secara sederhana, OpenSea adalah marketplace atau pasar dimana pemilik NFT atau penjual dan kolektor atau pembeli dapat bertransaksi.

OpenSea adalah tempat jual-beli NFT pertama dan terbesar di dunia. OpenSea memiliki 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT, yang terdiri dari berbagai macam barang, seperti foto, video, dan sebagainya. Mayoritas penjual dan pembeli di OpenSea menggunakan mata uang kripto berjenis Ethereum untuk bertransaksi.

Untuk mulai bertransaksi di OpenSea, baik itu menjual atau membeli, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu, dan sebelum bisa mendaftarkan akun di OpenSea, Anda harus memiliki dompet virtual mata uang kripto. Fungsi dompet virtual itu hampir mirip dengan layanan Gopay, Shopeepay, atau OVO. Dompet virtual mata uang kripto berfungsi untuk mengonversi uang Anda menjadi uang kripto.

Cara membuat akun OpenSea untuk transaksi NFT

Sebelum mulai bertransaksi, Anda harus mendaftarkan akun dulu di OpenSea. Berikut cara daftar akun OpenSea untuk jual beli NFT:

  1. Buka tautan berikut ini https://opensea.io, bisa lewat browser computer computer atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah menginstall dompet digital. Kali ini, OpenSea dibuka melalui browser Google Chrome di laptop
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, Klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  3. Pilih dompet virtual yang telah Anda gunakan, misalnya MetaMask
  4. Kemudian, buka extension MetaMask yang telah Anda set up di Google Chrome dengan klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs.
  5. Lalu, klik opsi “Connect Wallet” Kemudian, dompet virtual MetaMask Anda bakal terhubung ke OpenSea
  6. Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  7. Masukkan username, alamat email Anda, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”
  8. OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat email Anda Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.
  9. Anda kini telah memiliki akun OpenSea dan siap untuk menjual serta membeli NFT di marketplace ini.

Cara membuat dan menjual NFT di OpenSea

Untuk bisa menjual NFT, Anda perlu memiliki NFT terlebih dahulu. Apabila belum memilikinya Anda bisa membuat NFT dengan cara sebagai berikut:

Cara membuat NFT di OpenSea

  1. Pertama pada halaman awal OpenSea, klik opsi “Create” Masukkan atau unggah record yang ingin Anda jadikan NFT, bisa berupa gambar, foto, video, dan sebagainya.
  2. Masukkan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya, seperti pengaturan sebagai konten dengan muatan sensitif dan pengaturan blockchain yang bakal Anda gunakan.
  3. Apabila telah selesai mengatur klik opsi “Create” yang berada di bagian bawah halaman OpenSea.
  4. Dengan begitu, NFT Anda sudah siap untuk dijual.

Cara menjual NFT di OpenSea

  1. Buka opsi “My Collection” dengan mengetuk ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea
  2. Pilih NFT Anda, kemudian klik opsi “Sell”
  3. Pilih skema penjualan yang bakal Anda gunakan. Apabila ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk skema lelang klik opsi “Time Auction”
  4. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang Anda inginkan
  5. Anda juga bisa mengatur berapa lama Anda bakal menjual NFT tersebut di kolom “Duration”
  6. Setelah selesai mengatur, klik opsi “Complete Listing”.
  7. Kemudian, OpenSea bakal membuka extension MetaMask Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT.

Perlu diketahui, untuk bisa mengkonfirmasi penjualan NFT, Anda harus memiliki setidaknya saldo sebesar 0,05 Ethereum di MetaMask. Kemudian, setiap transaksi di OpenSea bakal ada biayanya sebesar 2,5 persen yang diambil dari hasil penjualan NFT. Anda juga bisa memperoleh royalti dari hasil penjualan NFT hingga maksimal 10 persen.

Cara membeli NFT di OpenSea

Selain menjual, Anda juga bisa membeli NFT yang tersedia di OpenSea. NFT tersebut dapat Anda simpan dan dijual lagi dikemudian hari.

Beberapa orang juga menganggap bahwa membeli NFT sama dengan investasi, mengingat harganya bisa melambung. Cara membeli NFT di OpenSea sangat mudah. Apabila Anda berminat, simak cara membeli NFT di OpenSea berikut ini:

Cara Membeli NFT di OpenSea

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki saldo dompet virtual mata uang kripto dan telah terhubung dengan OpenSea
  2. Buka tautan berikut ini https://opensea.io
  3. Pastikan bahwa Anda telah login ke akun OpenSea Anda
  4. Kemudian, cari NFT yang ingin Anda beli Klik opsi “Explore” yang ada di halaman awal OpenSea
  5. Setelah menemukan NFT yang cocok, apabila NFT menggunakan skema lelang klik opsi “Place Bid” kemudian masukkan penawaran harga Ethereum Anda
  6. Tunggu hingga waktu lelang selesai apabila mendapatkannya silahkan klik opsi “Checkout” dan konfirmasi pembayaran Anda melalui dompet virtual mata uang kripto
  7. Apabila menggunakan skema jual langsung, klik opsi “Buy Now” kemudian klik opsi “Checkout” dan lakukan konfirmasi pembayaran lewat dompet virtual mata uang kripto milik Anda.

Demikian cara kerja NFT beserta panduan untuk jual-beli NFT di OpenSea. Namun jangan sembarangan menjual NFT di OpenSea. Anda harus memperhatikan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi jika ingin menjual NFT di OpenSea maupun marketplace lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.