Safety Car MotoGP Mondar-mandir di Sirkuit Mandalika

Safety Car MotoGP Mondar-mandir di Sirkuit Mandalika

Pertamina Grand Prix of Indonesia atau biasa disebut MotoGP Mandalika sukses diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022. Jalannya balapan di kelas MotoGP sempat terhambat lantaran turunnya hujan deras beberapa menit sebelum balapan dilangsungkan. Untuk memastikan keamanan sirkuit ini, dua security vehicle official MotoGP pun sibuk mondar-mandir keliling trek utama.
Ada dua security vehicle MotoGP yang dibawa oleh Dorna Sports ke Sirkuit Mandalika, yakni BMW M2 CS dan BMW M3 Competition Safety Car. Kedua mobil ini saling bergantian mengelilingi Sirkuit Mandalika yang pada Minggu (20/3/2022) sore sempat diguyur hujan deras.

Kedua kendaraan security vehicle yang dikemudikan oleh orang-orang Dorna itu memiliki corak livery dan grafis yang berbeda. Safety vehicle M2 CS hadir dengan warna lebih cerah, kombinasi warna dasar putih dengan padanan biru dan merah.

Sementara M3 Competition Safety Car hadir dengan warna yang lebih maskulin, yakni menggunakan warna hitam complete doff, dengan aksen grafis berwarna gold/emas yang mampu menghadirkan kesan elegan.

Sebagai informasi, security vehicle ibarat ‘mata’ bagi race direction. Safety vehicle berkomunikasi lewat radio dengan race direction. Perannya memberikan laporan kepada race direction terkait kondisi sirkuit.

Misalnya ketika kondisi hujan membuat trek basah, jarak pandang terganggu, para petugas security vehicle akan melaporkan, race direction yang memutuskan balapan dilanjutkan atau berhenti.

Balap kelas MotoGP di Sirkuit Mandalika sendiri akhirnya dilaksanakan pada pukul 16:15 WITA dari rencana awal pukul 15:00 WITA. Adapun pebalap yang keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2022 adalah Miguel Oliveira, disusul Fabio Quartararo, dan Johann Zarco di tempat ketiga.

sumber:oto.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.