Easy With Knowledge
News  

Puncak Gernas BBI Digelar di Banjarmassin 22 Juli, KKP mengundang 67 UKM unggulan.

Dunia-Ilmu.com, Jakarta – KTT Gerakan Nasional (Jernas) Kebanggaan Indonesia (BBI) 2022 akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 22 Juli.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diharapkan bisa menghadirkan 67 UMKM terbaik untuk memamerkan produknya di acara tersebut.

Sehubungan dengan skema ini, seluruh pelaku UMKM telah diberikan beberapa pelatihan antara lain literasi keuangan hingga digital branding untuk meningkatkan penjualan produk baik offline maupun online.

“Alhamdulillah, setelah serangkaian pendataan, pendampingan dan pelatihan, kami berhasil menyaring 67 UMKM dari 1.178 UMKM yang terdaftar sebagai top tier BBI 2022,” jelas Dirjen Pembinaan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan ( PDSPKP). Artati Widiarti dalam keterangannya Rabu (13/1) 7/2022).

Baca lebih banyak: KKP: Masyarakat pesisir harus diprioritaskan untuk pemulihan hubungan dalam perencanaan tata ruang wilayah

Dia akan menjabat sebagai manajer kampanye Gernas BBC di Kalimantan Selatan, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Luhut Binsar Panjitan, yang dibentuk oleh presiden. Republik Indonesia pada 8 September 2021.

Mengangkat tema “Jelajahi Warna Kalsel”, KKP bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalsel, Bank Indonesia, dan beberapa pihak lainnya menghidupkan kembali Gernas BBI. Berbeda dengan tahun lalu, KKP mengundang UKM pangan dan nonpangan serta kelautan dan nelayan.

Baca juga: KKP berencana mendistribusikan 4,7 ton ikan impor ilegal kepada pasien di Batam

Menurut Artiti, 5 pemenang teratas dikenal dengan konsep sustainability, gender, blue economy, dan zero waste.

“Setelah materi pelatihan dilaksanakan, akan diketahui 5 besar termasuk yang penjualannya tinggi,” ujarnya.

Senada, menurut Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal PDSPKP Erwin Dwiana, rangkaian kegiatan BBI telah dilakukan sejak Maret lalu. Dari Mei hingga Juni, pelatihan dan bahan ajar diberikan kepada 1178 UMKM yang terdaftar dari pendataan dan verifikasi.

Baca lebih banyak: Menurut ekonomi biru, KKP menggunakan ruang Natuna-Laut Natuna Utara

Materi pelatihan meliputi literasi keuangan, literasi digital, branding, serta tips dan trik untuk meningkatkan penjualan online Anda.

“Kami menyediakan digital marketing professional dari e-commerce untuk memberikan materi kepada peserta,” ujar Erwin.

Erwin berharap dapat “mengeksplorasi warna Kalimantan Selatan” dan menunjukkan kuliner dan potensi budaya Kalimantan Selatan.
Ia juga mengatakan, mengunjungi daerah tersebut tidak cukup tanpa menikmati makanan khasnya.

Dan sebaliknya, jika Anda belum pernah ke sana, Anda mungkin tidak bisa menikmati oleh-oleh tradisional tersebut.

“Makanan dan pariwisata tambahan. Dan 67 produk UMKM terpilih dari Kalsel bisa dijadikan catatan khas,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakthi Wahyu Trengono mengajak masyarakat untuk turut serta dalam gerakan kebanggaan nasional di Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia.

Menurutnya, gerakan ini harus terus bergema di tengah pandemi Covid-19.

“Gerakan kebanggaan bangsa Indonesia dan kebanggaan berwisata ke Indonesia harus terus berekspansi ke Indonesia baru untuk mencegah merebaknya VV-19,” kata Menteri Trengono.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/14/puncak-gernas-bbi-digelar-di-banjarmasin-22-juli-mendatang-kkp-bakal-datangkan-67-umkm-terbaik