Easy With Knowledge
News  

Politeknik Porseni 2022 akan menghasilkan generasi sehat yang akan berkontribusi dalam pembangunan.

Wartawan Tribunnews.com Fahdi Fahlevi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Pekan Olahraga dan Seni Indonesia (Porseni) ke-13 kembali digelar pada 14-20 Juli 2022 di Politeknik Negeri (Polyban) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati mengatakan Porseni merupakan fungsi penting dalam keseluruhan proses pendidikan siswa di pendidikan tinggi kejuruan.

Kiki Iuliati mengatakan acara ini untuk mempersiapkan generasi sehat yang nantinya akan berkontribusi dalam pembangunan negara.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/7/2022), Kiki Iuliati mengatakan, “Tidak hanya mempererat jiwa dan raga para mahasiswa yang terlibat, tetapi juga mempererat rasa persaudaraan antara negara dan masyarakat negara.”

Baca juga: Kemendikbudristek: 192 ribu sekolah menerapkan kurikulum mandiri

Berbekal pengalaman mengikuti Porseni, Kiki menilai mahasiswa politeknik akan lebih siap, lebih sehat dan lebih kompetitif dalam menghadapi masa depan.

Para mahasiswa akan memiliki jaringan sesama mahasiswa politeknik di Indonesia yang dibentuk oleh interaksi lintas budaya untuk menumbuhkan persahabatan dan sportivitas yang sehat.

“Ditjen Dikti sangat mendukung gerakan Porseni ke-13, kami mengapresiasi tuan rumah Politeknik Negeri Banjarmasin dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan Politeknik Negeri yang telah berpartisipasi dalam acara ini,” ujarnya.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di GOR Hasanuddin, Banjarmasin, Kalsel.

Porceni Politeknik Indonesia merupakan acara dua tahunan untuk berbagai cabang olahraga dan seni nasional (multiple event).

Porseni ke-13 ini diikuti oleh 50 jurusan politeknik se-Indonesia yang terdiri dari 2.500 mahasiswa dan pejabat.

Mereka berkompetisi dalam 15 cabang olahraga dan tujuh seni. Ke-15 cabang olahraga tersebut adalah voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, climbing wall, atletik, dan basket.

Kemudian Bridge, Badminton, Catur, Electronic Sports (e-Sports), Kempo, Tenis Meja dan Voli Pasir. Sementara itu, tujuh kategori seni yang dilombakan, yaitu fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, monolog dan monolog (berdiri).

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/17/porseni-politeknik-2022-menyiapkan-generasi-sehat-yang-berkontribusi-bagi-pembangunan