Easy With Knowledge
News  

Pelajari gejala utama Ramsey Hunt Syndrome, yang melumpuhkan beberapa wajah Justin Bieber

Wartawan Tribunnews.com Rina Ayu

Dunia-Ilmu.com, Jakarta – Penyanyi terkenal Justin Bieber baru-baru ini mengumumkan bahwa ia menderita sindrom Ramsey Hunt atau kelumpuhan wajah.

Martha Kurnia Kusumawardani, dosen Universitas Kedokteran (FK) Universitas Irlandia (UNAIR), menuturkan, gejala utama Ramsey Hunt Syndrome adalah kerutan di wajah.

Kemudian mata dan mulut tidak bisa menutup rapat.

Ramsey Hunt Syndrome adalah sekumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan saraf wajah di dekat telinga.

Baca lebih banyak: Justin Bieber membatalkan konser dan mengumumkan kelumpuhan wajah yang disebabkan oleh Ramsey Hunt Syndrome.

“Paling sering terjadi pada orang yang pernah mengalami infeksi campak atau herpes,” kata dr Martha seperti dikutip, Senin (13/6/2022) oleh unair.ac.id.

Dr Martha menjelaskan, ekspresi wajah terkadang muncul secara tiba-tiba. Seringkali pasien hanya memperhatikan saat sedang minum dan tiba-tiba sudut bibirnya tidak bisa tertutup rapat, sehingga keluarlah air minum dari sudut bibirnya.

Pakar medis di Departemen Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi FK UNAIR menambahkan:

Terkait proses penyembuhan, Dr Ramsey Hunt, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) UNAIR, mengatakan sindrom tersebut masih bisa diobati dan gejalanya sudah membaik. Pasien sering menerima obat anti inflamasi dan vitamin.

Selain itu, Anda disarankan menjalani terapi untuk rehabilitasi medis. Penanganannya bisa berupa terapi modalitas dan senam wajah.

“Modular supply adalah praktik terapi fisik dengan menggunakan perangkat berupa stimulasi listrik dan pemanasan dalam,” ujarnya.

Selain untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak yang terjadi, tujuan pemberian alat tersebut adalah untuk meningkatkan kekuatan otot-otot wajah.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/06/13/ketahui-gejala-utama-ramsay-hunt-syndrome-penyakit-yang-buat-sebagian-wajah-justin-bieber-lumpuh