Niat Mandi Keramas Idul Fitri

Niat Mandi Keramas Idul Fitri Beserta Hukum dan Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Sholat Ied

Beserta Hukum dan Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Sholat Ied

Ternyata tidak hanya mengetahui hal-hal yang disunnahkan oleh Nabi saja yan perlu diketahui umat islam dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2022. Rasul mencontohkan agar mandi sebelum berangkat sholat ied. Lantas, apa niat mandi keramas Idul Fitri?

Mandi untuk sholat idul fitri juga ternyata ada niatnya loh, apalagi untuk Anda yang mau melakukan keramas sekalian. Bagaimana niat mandi keramas idul fitri itu? Berikut kami bahas dalam uraian di bawah ini.

Bacaan Niat Mandi Keramas Idul Fitri

Bagi yang belum mengetahui bacaan niat mandi keramas idul fitri, berikut bunyi niat mandi idul fitri dan artinya:

Baca Juga:
Niat Sholat Idul Fitri untuk Imam dan Makmum, Lengkap dengan Tata Cara Melaksanakannya

Nawaitul ghusla li ‘idil fithri sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Mandi Keramas Idul Fitri

Adapun urutan atau tata cara mandi keramas idul fitri tersebut adalah sebagai berikut:1. Dimulai dengan membaca niat mandi keramas idul fitri terlebih dahulu. Adapun niatnya, seperti yang tertulis di atas. Silahkan dihafalkan.

2. Setelah membaca niat, mulai dengan menyiram seluruh tubuh dari atas sampai bawah, mulai dari badan sisi kanan lalu kiri mengunakan air suci yang mensucikan, yaitu air yang mengalir atau air bersih dari najis.

3. Pada saat guyuran pertama air mengalir di seluruh tubuh, lafalkan niat mandi idul fitri di dalam hati sekali lagi

4. Dahulukan untuk mengguyur anggota tubuh dari bagian kanan kemudian kiri sebanyak tiga kali,

5. Lanjutkan dengan menyela-nyela bagian lipatan tubuh untuk memastikan seluruh bagian tubuh tersiram air dan bersih dari kotoran

6. Lanjutkan mandi seperti biasa, menggunakan sabun, keramas, sampai menggosok daki

7. Lanjutkan sampai selesai

Hukum Mandi Keramas Idul Fitri

Hukum mandi keramas idul fitri adalah sunnah. Mandi keramas Idul Fitri dianjurkan terutama setelah Subuh menjelang Sholat idul fitri.

Niat mandi keramas idul fitri dan penjelasan terkait dengan tata cara mandi keramas idul fitri sampai ke hukumnya di atas dikutip dari iqra.id. Setelah mandi, dianjurkan untuk memilih dan mengenakan pakaian yang bersih sesuai dengan contoh yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Jangan lupa juga untuk memakai pewangi jika memiliki, jika tidak, tidak apa-apa tidak memakai wewangian, yang terpenting hadir dengan niat tulus, pakaian bersih, dan hati yang siap menyambut hari raya idul fitri. Sehingga dalam perjalanan, Anda tidak hanya menyapa tetangga atau bercanda, tapi melafalkan takbir.

Adapun bacaan takbir yang dianjurkan adalah, “Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd”

Artinya:

“Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah”.

Demikian penjelasan singkat sehubungan dengan niat mandi keramas idul fitri sampai ke tata cara dan hukum mandi keramas di hari raya idul fitri. Semoga bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

sumber:suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.