Mau Lancar Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung, Cukup Lakukan 7 Hal Ini Saja Kata dr. Saddam Ismail

Bukan hanya makanan, minuman pemicu asam lambung juga sebaiknya dihindari, biasanya minuman pemicu asam lambung seperti teh, kopi, hingga minuman bersoda.

“Selain itu penderita asam lambung disarankan menghindari makanan manis seperti, kue, hingga cokelat sebaiknya dihindari,” ujar dr. Saddam Ismail.

 

Healthy vlogger yang juga seorang dokter, dr. Saddam Ismail membagikan suggestions lancar berpuasa bagi penderita asam lambung.

Dokter Saddam Ismail mengatakan saat bulan Ramadhan tiba, bagi penderita asam lambung ini menjadi kekhawatiran sendiri.

Bagaimana tidak, puasa merupakan kewajiban bagi semua umat muslim di dunia, sedangkan penderita asam lambung selalu khawatir puasanya tidak lancar bahkan alami gangguan.

Namun tenang saja, dokter Saddam Ismail mempunyai suggestions agar penderita asam lambung dapat lancar berpuasa.

Dilansir Mapaybandung.com melalui kanal YouTube Saddam Ismail pada Rabu 16 Maret 2022, berikut ini ada beberapa suggestions lancar berpuasa bagi penderita asam lambung ala dr. Saddam Ismail.

1. Makan dalam porsi kecil

Saat berbuka puasa disarankan bagi penderita asam lambung untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil atau sedikit tapi sering.

Karena jika saat berbuka mengkonsumsi makanan berlebihan hal ini menurut dr. Saddam Ismail akan memicu asam lambung menjadi naik.

Ini juga berlaku saat sedang sahur, ketika sahur dr. Saddam Ismail menyarankan agar makan dalam porsi sedikit tapi sering.

2. Makan secara perlahan

Ketika berbuka puasa memang rasa lapar kadang sulit ditahan, sehingga tidak sedikit orang yang makan dengan buru-buru.

Tetapi kebiasaan seperti ini menurut dr. Saddam Ismail bisa memicu asam lambung naik, sehingga disarankan saat berbuka puasa dan sahur makan secara perlahan saja agar asam lambung tetap terjaga dan tidak timbul masalah.

3. Hindari makanan pemicu asam lambung

Jenis makanan juga tentunya harus diperhatikan oleh penderita asam lambung, adapun biasanya makanan pemicu asam lambung seperti makanan pedas, berlemak, tinggi santan, hingga makanan asam.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Kebiasaan langsung tertidur setelah makan biasanya dilakukan saat sahur, ternyata kebiasaan seperti ini sangat tidak dianjurkan, apalagi oleh penderita asam lambung.

Baca Juga: Inilah Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Meski Doyan Gorengan Kata dr. Zaidul Akbar

Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, maka akan menyebabkan otot stingfer esofagus yang menghubungkan esofagus dan lambung melemah sehingga membuat asam lambung menjadi naik.

5. Tinggikan kepala saat tidur

Jika asam lambung sering kumat, ketika tidur bisa meninggikan bagian kepala hingga badan agar ada gravitasi, sehingga asam lambung tidak mudah naik.

Baca Juga: Bukan Kiamat Besar! UAH Wanti-Wanti Satu Musibah yang Mengancam Nyawa, Tiap Hari Manusia Diberi Peringatan

6. Tidak melewatkan sahur

Melewatkan waktu sahur sangat tidak disarankan, apalagi bagi penderita asam lambung. Karena saat sahur merupakan jam lambung terisi oleh makanan sebelum akan berpuasa seharian.

“Jika seandainya tidak sahur, dan terlalu lama perut kosong ini cenderung akan membuat asam lambung kumat atau cepat kambuh,” ungkap dr. Saddam Ismail.

Baca Juga: Inilah Urutan 10 Tanda Kiamat Besar, Jika Sudah Muncul ini, Kehidupan Akan Berakhir

7. Segera berbuka ketika sudah waktunya

Jika sudah waktunya untuk berbuka maka disarankan agar cepat untuk membatalkan puasa, ini tentunya agar tidak memicu asam lambung naik atau kambuh lagi.

Sumber :https://mapaybandung.pikiran-rakyat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.