Easy With Knowledge
News  

Masa jabatan Anis berakhir pada Oktober 2022, Kementerian Dalam Negeri belum menyerahkan nama Pj Gubernur DKI kepada Jokowi.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengungkapkan progres pengangkatan pejabat daerah Gubernur (Pj) Diki Jakarta dalam hal ini.

Diketahui, masa jabatan Diki sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022.

Wempey mengatakan, pejabat pengganti Anis Basedan masih dalam proses.

“Kami sedang dalam proses pembelian Dicky,” katanya usai menghadiri rapat koordinasi nasional dan presentasi acara nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

“Kita ada urusan yang berkaitan dengan IKN dan segala macam, ada Papua, apalagi sekarang Papua Barat Daya harus jalan jalan, ini banyak, setidaknya kita berharap cepat,” katanya.

Baca juga: Masa jabatan Anis Basedan berakhir pada Oktober, Djarot meminta Saiful untuk mengakhiri ambisi politik

Kementerian Dalam Negeri belum mengajukan nama calon untuk mengisi jabatan Gubernur Diki Jakarta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Belum,” kata Wempy.

Menurut Wempi, Presiden Joko Widodo berhak menetapkan gubernur sementara untuk menjabat sebelum Pilkada 2024.

“Tugas presiden menunjuk siapa (pelaksana tugas gubernur). Kementerian Dalam Negeri siap menjalankan sebagai struktur kendali kita,” katanya.

Ia berharap proses terkait penunjukan eksekutif ini segera selesai.

“Kita berharap begitu (target bulan depan). Tapi karena ini keputusan presiden, kita lihat perkembangannya nanti.

FYI, jabatan Anis Basedan berakhir pada 16 Oktober 2022. Kementerian Dalam Negeri mengajukan nama Presiden untuk dicalonkan dan diangkat sebagai Pj Gubernur Diki Jakarta.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/08/02/masa-jabatan-anies-habis-oktober-2022-kemendagri-belum-ajukan-nama-penjabat-gubernur-dki-ke-jokowi