Easy With Knowledge
News  

Kiat untuk berkarir di industri teknologi bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan TI

Wartawan Tribunnews.com Echo Sutriyanto

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Industri teknologi adalah magnet pengembangan karir yang kuat bagi pencari kerja, terutama dari Generasi Z.

Menurut Sukhmawati, Associate Director, HRBP & Performance Fuse, ada banyak pekerjaan saat ini di pasar kerja yang tidak tersedia 10 tahun yang lalu tetapi sekarang sangat diminati.

Untuk itu, penting bagi pencari kerja untuk mengembangkan keterampilan dan belajar untuk meningkatkan keterampilannya, karena tenaga kerja untuk industri teknologi saat ini tidak terlalu banyak.

“Kalau punya skill ini pasti berguna dan laris di dunia kerja,” ujar Sukhmawati dalam webinar bertajuk “Career Development 101: Breaking into the Tech Industry” akhir pekan lalu.

Webinar ini diselenggarakan oleh startup Insurtech Fuse dengan Forum Pengembangan Akademik Kelas Mahasiswa.

Sukmawati menjelaskan bahwa industri teknologi bukan hanya tentang coding atau pemrograman.

Baca juga: Lihat situs web perusahaan untuk cara melamar pekerjaan di luar lowongan pekerjaan

Ia mengatakan para pencari kerja di luar pendidikan dan teknologi juga akan mendapatkan kesempatan tersebut asalkan mau meningkatkan keterampilannya.

“Misalnya karir manajer produk penuh talenta dengan pengalaman di bidang administrasi bisnis, ilmu manajemen atau manajemen produk. Seseorang dengan latar belakang komunikasi juga bisa menjadi digital marketer atau ahli SEO,” katanya.

Baca juga: Melamar pekerjaan di berbagai bidang? Ikuti tips ini untuk dikenali oleh HRD

Ia mencontohkan, karena teknologi merupakan hal penting yang tidak bisa dihindari, maka perlu ada adaptasi, pengembangan dan peningkatan kapasitas.

Untuk bekerja di industri teknologi, Anda harus belajar banyak hal baru, mengikuti bootcamp, miniclass.

Seth yang merupakan lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan, “Saat ini juga banyak institut atau institut yang menawarkan pelatihan atau webinar gratis.”

Baca juga: Berikut cara dan syarat mendapatkan kartu kuning untuk melamar pekerjaan, waktu asli kartu kuning

Selain meningkatkan efikasi diri, Sukhmawati juga memberikan tips bagi para pencari kerja untuk mempersiapkan diri, antara lain meneliti perusahaan yang dilamar, memahami lingkup pekerjaan untuk posisi yang dilamar, dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Satu hal yang penting adalah percaya pada diri sendiri untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/pendidikan/2022/07/20/tips-berkarir-di-industri-teknologi-buat-yang-tidak-memiliki-skill-bidang-it