Easy With Knowledge
News  

Kementerian Perhubungan akan meningkatkan kualitas profesional untuk konstruksi utilitas pelabuhan

Dunia-Ilmu.com – Kementerian Perhubungan cq berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui Direktorat Jenderal Pelabuhan, khususnya dalam pengelolaan pembangunan fasilitas pelabuhan oleh tenaga terampil.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pelatihan keterampilan teknis kepada KPA, PPPK, kontraktor dan konsultan regulator dalam Pengembangan/Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan 2022.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur Pelabuhan Subagio mengatakan manfaat dari pelatihan tersebut secara implisit akan dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan, baik peserta, pimpinan di departemen masing-masing dan seluruh mitra kerja. Termasuk masyarakat yang bersentuhan langsung dengan Kementerian Perhubungan Positif dari terselenggaranya pelatihan ini.

Di Jakarta, Jumat (17/6), ia mengatakan, “Pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan fasilitas pelabuhan untuk mendukung kelancaran arus barang dan pertumbuhan ekonomi daerah.”

Pelatihan keterampilan teknis ini merupakan wadah yang tepat untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan terutama diharapkan para pengelola anggaran dan pengguna jasa (sebagai hasilnya) dalam memimpin pengembangan fasilitas pelabuhan secara profesional.Pemegang saham) Pengetahuan, keterampilan, dan keahlian profesional dalam pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi pelabuhan dapat meningkatkan mutu pembangunan fasilitas pelabuhan dengan mutu yang sesuai, tepat waktu, hemat biaya, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis KPA & PPK, pelatihan ini melibatkan narasumber dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Vrama Kariya dan Universitas Indonesia.

“Ketersediaan sumber daya ini dimaksudkan untuk menyediakan materi khusus di tingkat kebijakan dan teknis.

Dengan metode ini, pembangunan Fasilitas Pelabuhan Labanan Bajo telah dilaksanakan untuk mengendalikan pelaksanaan fasilitas Pelabuhan Pelabuhan.

Permohonan informasi, pelatihan keterampilan teknis untuk KPA, PPK, kontraktor
Pada tahun 2022, Konsultan Pelaksana Teknis dan Pengendalian yang mencakup 77 unit pelaksana teknis untuk 82 kegiatan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan fokus pada pengembangan fasilitas pelabuhan. Dan menerapkan aplikasi pertemuan dengan menyoroti kontraktor dan supervisor secara online.

Beberapa materi yang dibahas adalah:
1. Kebijakan Pengembangan Fasilitas Pelabuhan oleh Direktur Pelabuhan;
2. Pengendalian intern oleh APIP;
3. Mekanisme Anggaran dan Reformasi Anggaran oleh Kementerian Keuangan;
4. Proses anggaran Kementerian Perhubungan di bagian perencanaan Direktorat
pengiriman umum;
5. Penawaran BMN dan Rinciannya di Kantor LPPBMN;
6. Proses pendokumentasian hasil kinerja ke BMN, rencana pelepasan aset dan proses pencatatan tiang pancang.

Materi disampaikan pada hari kedua
1. Materi dan pemahaman tentang Pengawasan dan Pembinaan Kontrak Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR;
2. Manajemen Proyek Konstruksi oleh Dr. Eh. Afrizal Nursin, MT (Universitas Akademik Indonesia);
3. Manajemen waktu dalam pembangunan fasilitas di Pelabuhan Labanan Bajo b
Vrama Caria;
4. Pengendalian mutu kinerja subdirektorat II Direktorat Pelabuhan II.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2022/06/17/kemenhub-tingkatkan-kualitas-tenaga-profesional-pengelola-pekerjaan-pembangunan-fasilitas-pelabuhan