Easy With Knowledge
News  

Kementerian Dalam Negeri telah menyerukan pembentukan segera lembaga penelitian dan inovasi pemerintah daerah

Wartawan Berita Tribune Larasati Diah Utami

Dunia-Ilmu.com, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) mendesak agar Badan Penelitian dan Inovasi Daerah (PRDA) Bemida segera dibentuk.

Suhajar Diantoro, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan Direktur Eksekutif Daerah Otonom Daerah (Plh), mengarahkan inisiatif tersebut pada rapat pembentukan BRIDA, Senin (4/7/2022).

Baca lebih banyak: Menko PMK BRIDA membangun semangat riset untuk menjawab persoalan daerah.

Pejabat dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) hadir dalam pertemuan virtual tersebut.

Menurut Suhajar, BRIDA berperan dalam mendukung program penelitian berbasis pemerintah dengan mendukung program daerah.

Peran ini diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan, termasuk mendorong percepatan daerah.

Baca lebih banyak: Kementerian Dalam Negeri dapat mengubah anggaran pemerintah daerah untuk menjadi tuan rumah PMK pada peternakan.

Saat ini baru beberapa daerah yang menjadi BRIDA, seperti Bali, Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat. Pemerintah terus mendorong pembentukan BRIDA di daerah lain.

“Saya sudah sampaikan pesan Mendagri ke semua daerah untuk mempercepat ini. Saya yakin semua kepala departemen akan memahami hukum dan organisasi Karo dan kemudian satu atau dua orang akan datang untuk meminta saran dan melihat anggaran atau imajinasi,” katanya. .

Suhajar menegaskan, pembentukan BRIDA untuk mendorong inovasi daerah. Hal ini merupakan salah satu tujuan pemerintahan daerah sendiri, yaitu keselamatan masyarakat, pelayanan publik, dan daya saing daerah.

Baca lebih banyak: Tito Carnavia: Mantan Panglima Polda NTB Tomsi Tohir Balaw diangkat menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Oleh karena itu, keberadaan BRIDA diharapkan dapat dikembangkan lebih baik lagi untuk menghasilkan hasil dan rekomendasi kebijakan bagi kepala negara daerah.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/04/kemendagri-minta-daerah-segera-bentuk-badan-riset-dan-inovasi-daerah