Easy With Knowledge
Bisnis  

Kementan mengajak para petani milenial untuk memanfaatkan KUR dan menerapkan teknologi smart farming.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTADi era Revolusi Industri, sektor pertanian 4.0 terus melihat perubahan yang terjadi dengan berkembangnya unsur-unsur teknologi dalam berbagai tahapan produksi. Tidak dapat dipungkiri, hal ini disebabkan oleh keinginan yang kuat untuk meningkatkan produksi pertanian dan memperoleh produk pertanian yang berkualitas. Namun tentunya mengutamakan efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang. Diketahui pada tahun 2022, Kementerian Pertanian (KMT) melalui program Layanan Pendukung Kewirausahaan Pemuda (YESS) akan kembali melanjutkan Pelatihan Agribisnis Pertanian Cerdas dan Kredit Usaha Rakyat.

Baca juga: Presiden Moeldoko dukung Kementerian Pertanian kembangkan pangan lokal

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang sama yang dilakukan pada Februari 2022. Menteri Pertanian Sayahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini generasi milenial yang memiliki ide kreatif dan inovatif dapat mengendalikan pembangunan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Pada Sabtu (30/7/2022), Menteri Pertanian Siahrul mengatakan, “Generasi Z harus berani mengikuti perkembangan zaman, menjadi petani modern atau memulai startup pertanian.” Hal senada diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian DD Noorsyamsi mengatakan pertanian harus didukung oleh generasi milenial sebagai generasi muda.
“Petani milenium juga berperan besar dalam menjaga stabilitas pangan nasional. Petani milenium yang telah belajar teknologi diharapkan dapat bekerja sama dengan para penyuluh dan petani lainnya untuk saling menguntungkan. Pelatihan pertanian cerdas merupakan bagian dari pengembangan ilmu pertanian. Oleh karena itu, penerapannya teknologi harus dilakukan di bidang pertanian ke depan,” kata Dedi. . Menurutnya, tantangan petani milenial Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris adalah mampu memodernisasi pertanian dengan mengimplementasikan mesin pertanian dan Internet of Things (IoT).
Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/31/kementan-ajak-petani-milenial-manfaatkan-kur-dan-aplikasikan-teknologi-smart-farming