Ini Dia 5 Cara Membuat Password Wifi yang Sulit Dibobol

5 Cara Membuat Password Wifi yang Sulit Dibobol

aringan WiFi menjadi lambat bila terlalu banyak perangkat yang terhubung. Hal ini dapat terjadi bila sandi WiFi Anda bocor. Untuk itu perlu membuat password WiFi yang kuat agar tidak mudah dibobol. Bagaimana cara membuat password WiFi yang kuat?

Biasanya, karena takut lupa, Anda akan menggunakan password yang mudah diingat. Seperti urutan angka, huruf, tanggal lahir, nama hewan peliharaan, atau bahkan nama belakang Anda. Padahal kata sandi seperti ini sangat memudahkan untuk dibobol. Terkadang, kendati tahu risikonya, Anda tetap melakukannya.

Lalu, seperti apa karakteristik password yang sulit dibobol?

1. Buatlah password panjang

Mengutip dari CiberNews, buat kata sandi WiFi menggunakan karakter yang panjang. Semakin panjang, semakin kecil kemungkinan password dapat dibobol. Pembobol mungkin akan menggunakan perangkat tertentu untuk membongkar sandi reuter WiFi Anda. Semakin panjang maka semakin susah dilacak.

2. Gunakanlah sealu karakter campuran

Jika Anda cenderung menggunakan karakter huruf atau angka saja karena takut lupa, sebaiknya ubah kecenderungan tersebut. Selain menggunakan karakter panjang, gunakan juga karakter yang variatif. Buat sandi dari campuran huruf, angka, dan kode untuk membuatnya lebih aman.

3. Hindari Penggunaan kata ganti umum

Mungkin Anda telah membuat password dengan karakter panjang dan bervariasi. Namun itu belum cukup aman jika Anda masih menggunakan substitusi atau kata ganti yang umum. Misalnya mengganti huruf dengan angka, “Password” menjadi “P45wo0Rd”. Hindari menggunakan kata ganti umum. Buat sandi panjang seacak mungkin dengan karakter bervariasi.

4. Jangan gunakan huruf atau angka di jalur keyboard

Password Wifi dengan karakter angka atau huruf di jalur keyboard merupakan kata sandi yang paling mudah dibobol. Hindari menggunakan kata sandi seperti itu. Sandi dengan karakter tersebut merupakan sandi yang umumnya paling pertama ditebak pembobol. Berikut beberapa kata sandi yang rawan dibobol dengan mudah, dikutip dari laman avast.com: yaitu 123456, 123456789, qwerty, 111111, password, 12345678, abc123, 1234567, password1, 123123.

5. Gantilah password WiFi secara berkala

Dikutip dari ActionTech, dalam banyak kasus, supplier peralatan atau penyedia layanan web awalnya akan mengonfigurasi router dengan kata sandi yang aman. Namun, untuk keamanan maksimum, gunakan kata sandi baru setelah menerima perangkat. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk mengubah kata sandi secara teratur.

dikutip dari laman msn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.