Ini Cara Aman Meninggalkan Mobil di Rumah Selama Mudik Lebaran

Parkir Mobil dalam Posisi Roda Berbelok Dampaknya Bikin Nangis, Bisa Ngerusak Bagian Penting Ini

Menurut Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi, kotoran seperti noda dan debu bersifat akumulasi. Sebelum terlalu banyak, sebaiknya segera dibersihkan. Sebab, semakin tidak dirawat, maka akan semakin sulit juga nanti hilangnya.

“Seperti contoh, bila ada noda kecoklatan pada plafon mobil. Bagian tersebut sulit untuk dibersihkan, tapi bila tidak segera dilakukan tindakan, noda akan sulit hilang, hanya tersamarkan saja,” ujar Ario, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Owner Vertue Concept Edy mengatakan, untuk membersihkan bagian kabin mobil cukup menggunakan sabun bayi agar tak merusak interior.

“Selain mengandung pH yang seimbang, sudah terbukti kandungannya bisa menghilangkan bakteri,” kata Edy.

Caranya, yakni dengan memotong kecil-kecil sabun, kemudian diblender setelah itu bisa dicampur menggunakan air.

“Penggunaannya juga mudah, cukup dilap-lap saja untuk menjaga interior dan untuk yang berbahan kulit juga aman menggunakan bahan ini,” ujar Edy.

Soal parkir, disarankan untuk tidak menggunakan rem tangan terlalu lama. Sebaiknya, diganjal saja bannya, karena berpotensi membuat sistem pengereman rusak.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi menjelaskan, jika rem tangan aktif saat parkir mobil dalam jangka waktu yang lama, kampas rem bisa menekan brake drum dan lama kelamaan akan lengket.

“Mobil yang sudah diparkir lama umumnya sudah terjadi adhesi, jadi kampas rem gampang melekat pada brake drum. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya potensi lengket,” kata Bambang.

Dari segi keamanan, Bambang menyarankan, bisa menggunakan tambahan kunci setir manual. Penggunaan pengaman tambahan ini bisa memperlama waktu bagi orang yang berniat jahat.

“Namun, sebaiknya gunakan kunci setir yang berkualitas, sehingga kualitasnya bisa dipastikan,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, ia tidak menyarankan pemilik mobil yang mencabut sekering listrik yang ada di dalam mobil.

“Memang kalau orang teknik bisa cabut fuse yang membuat mesin tidak hidup namun alarm menyala, namun untuk orang awam pasti akan kesulitan dan sangat tidak disarankan. Ditakutkan mereka salah ambil sekering,” jelas Bambang.

Jadi, sebaiknya gunakan fitur tambahan yang mudah digunakan dan jangan parkir kendaraan di tempat yang sepi atau jauh dari rumah.

sumber:kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.