Ini 7 Strategi Melunasi Utang Perlu Diterapkan

Ini 7 Strategi Melunasi Utang Perlu Diterapkan

Penghasilan Fluktuatif? Ini 7 Strategi Melunasi Utang Perlu Diterapkan

Cara atau strategi melunasi utang penting diketahui oleh Anda yang punya penghasilan fkuktuatif. Adapun maksud fluktuatif di sini adalah sekiranya pendapatan yang Anda terima itu berubah-ubah alias tidak menentu, apalagi di masa masa pandemi seperti belakangan ini.

Dengan menemukan cara melunasi utang yang efektif dan sesuai, hal itu akan dapat memberi keringanan terhadap beban finansial yang perlu dihadapi seraya Anda terus berjuang untuk mengelola uang dengan baik ke depannya.

Apa saja caranya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Strategi Melunasi Utang: Buatlah Rekapitulasi atas Utang Tersebut

Langkah pertama saat Anda ingin mencoba melunasi utang secara efektif adalah dengan terlebih dahulu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang. Cara ini menjadi langkah penting untuk dilakukan supaya Anda dapat menemukan skema terbaik dalam kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Terkait hal itu, buatlah daftar utang, mulai dari cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, serta cicilan pinjaman lainnya yang Anda punya sekarang. Berilah juga informasi secara rinci soal jumlah total dan cicilan per bulannya, kemudian kalkulasikan dengan pendapatan yang Anda punya.

Cara ini dapat membantu Anda merencanakan atau memilih beban utang mana saja yang menjadi prioritas utama untuk dilunasi supaya kondisi keuangan Anda bisa kembali stabil dan Anda bisa menjalani hari-hari lebih nyaman.

2. Perkuat Niat dan Tekad—Strategi Melunasi Utang yang Efektif

Jika Anda sudah membuat daftar utang yang Anda punya maka cara selanjutnya, yakni Anda bisa beristirahat sejenak serta memperkuat niat dan tekad. Mungkin usai mengetahui total beban utang yang Anda punya sekarang, boleh jadi Anda akan merasa cemas dan takut tidak mampu melunasi segala macam tagihan yang dimiliki itu tepat waktu.

Oleh sebab itu, penting buat Anda untuk tenang dan beristirahat sejenak. Gunakanlah waktu istirahat itu untuk berpikir jernih sambil menumbuhkan niat dan tekad yang kuat. Hal itu karena niat dan tekad ini diperlukan supaya Anda mampu disiplin dalam menjalani tanggung jawab untuk melunasi utang yang dimiliki saat ini.

Pastikan pula bahwa Anda memikirkan soal konsekuensi yang mungkin saja akan mengganggu alokasi dana kebutuhan sehari-hari demi menjalankan cara melunasi utang Anda secara efektif.

3. Mulai Membayar Utang dengan Skala Prioritas

Ketika Anda sudah yakin bahwa Anda sekarang punya niat yang kuat dan memahami konsekuensi dari cara melunasi utang yang efektif ini, segeralah untuk mulai membayar utang secara perlahan.

Mengacu kepada catatan utang yang Anda buat, Anda bakal menemukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam daftar prioritas. Dalam hal ini, Anda dapat mengatur skala prioritas dari perhitungan tenor dan total dari beban utang yang Anda punya.

Pastikan juga untuk membayar secara maksimal utang yang masuk ke dalam skala prioritas tersebut. Sementara itu, untuk utang yang berada di luar skala prioritas, bukan berarti Anda tidak membayarnya terlebih dahulu. Pasalnya, Anda perlu tetap membayar utang di luar prioritas dengan cara pembayaran minimum.

Cara melunasi utang ini bisa Anda terapkan kalau memang utang prioritas itu punya beban nilai yang besar dan jangka waktu sebentar sehingga satu per satu utang Anda dapat dilunasi secara efektif tanpa hadirnya beban lain.

Baca juga: Setop Penumpukan Utang, Sri Mulyani Rem Penerbitan SBN Hingga Rp100 Triliun

4. Menjual Barang yang tidak Terpakai

Kalau dirasa penghasilan Anda masih kurang memenuhi dalam membayar utang yang dimiliki maka Anda bisa untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai sebagai salah satu cara melunasi utang yang efektif.

Biasanya, barang-barang yang tidak terpakai ini masuk ke dalam kategori barang subtitusi atau barang komplementer Anda sehari-hari. Kalau Anda punya 5 pasang sepatu maka Anda dapat menjual 2 pasang sepatu terlebih dahulu untuk menambah biaya dalam melunasi utang Anda.

Dalam menjual barang sebagai cara melunasi utang, Anda pun dapat memaksimalkan peran media sosial atau layanan e-commerce untuk membantu Anda dalam mempromosikan barang yang hendak dijual sehingga dapat laku dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi, kalau Anda khawatir menjual barang-barang Anda ke orang yang tidak dikenal maka Anda bisa terlebih dulu menawarkan barang-barang itu kepada saudara atau sahabat Anda.

5. Take Over Kredit

Jika Anda merasa bahwa cicilan kendaraan menjadi salah satu beban utang yang menyulitkan Anda dalam melunasi utang, bahkan setelah menjalani berbagai cara melunasi utang secara efektif, maka barangkali Anda bisa melakukan take over kredit.

Dalam hal ini, take over kredit menjadi salah satu cara melunasi utang yang cukup efektif. Terkait itu, Anda dapat menjual kembali kendaraan Anda yang masih punya cicilan untuk dilanjutkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya.

Di samping itu, Anda juga akan punya kemungkinan untuk mendapatkan dana segar tambahan sebagai salah satu solusi dari cara melunasi utang secara efektif.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Cara efektif lainnya untuk melunasi utang adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Dengan memiliki penghasilan tambahan, Anda bakal lebih leluasa mengatur keuangan untuk membagi dalam melunasi utang serta kebutuhan Anda sehari-hari.

Kalau utang Anda sudah lunas dan Anda masih menggeluti profesi tambahan itu maka Anda pun bisa mengalokasikan dana ini sebagai simpanan tambahan atau dana darurat untuk digunakan di masa depan Anda nantinya.

7. Jangan Kembali Berutang

Jika Anda sudah menerapkan cara melunasi utang yang efektif ini, selanjutnya Anda sangat tidak dianjurkan untuk membayar utang dengan cara kembali berutang. Akan lebih baik jika Anda menyelesaikan segala beban utang yang Anda punya hingga lunas.

Hal itu supaya Anda tidak lagi mengalami kondisi kesulitan dalam melunasi utang. Sebaiknya juga, Anda segera mengubah gaya hidup yang Anda miliki. Dalam hal ini, minimalisasi keberadaan utang untuk kebutuhan yang esensial, misalnya kepemilikan rumah atau kendaraan.

Adapun untuk keperluan yang bersifat non esensial, seperti liburan atau belanja gadget, sebaiknya Anda menyiapkan tabungan terpisah demi memenuhi keinginan itu.

Demikianlah ulasan soal strategi melunasi utang yang efektif yang perlu diterapkan, terutama bagi Anda yang punya penghasilan fluktuatif. Tentunya, menjalankan cara melunasi utang yang efektif ini bakal dilakukan sekiranya Anda tidak dapat disiplin mengatur keuangan Anda dengan baik.

demikian semoga bermanfaat, terimakasih

sumber :duniafintech.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.