Easy With Knowledge

Ini 7 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Pengguna Android dan iOS

Ini 7 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Pengguna Android dan iOS
Ini 7 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Pengguna Android dan iOS

Ada beberapa aplikasi kompres video yang mungkin belum banyak diketahui. Padahal, aplikasi tersebut sangat dibutuhkan terutama untuk masyarakat atau pekerja kreatif. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan kamera mumpuni, prosesor yang kuat, dan lainnya, sehingga secara otomatis merekam video resolusi tinggi yang nantinya akan menempati banyak ruang dalam ponsel.

Bukan hanya itu, video dengan kualitas tinggi juga sulit untuk dibagikan lewat internet atau dengan teman karena masalah ukuran dan bandwidth yang terlalu besar. Sebab, aplikasi-aplikasi media sosial seperti WhatsApp maupun Gmail membatasi ukuran maksimal untuk konten pesan yang dikirim oleh para pengguna. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 16 MB.

Sementara untuk pengguna Gmail sedikit lebih banyak, karena para pengguna harus mengirimkan pesan file tidak lebih dari 25 MB. Oleh sebab itu, untuk kamu yang akan mengirimkan konten berupa video dengan memakai aplikasi medsos tersebut, tampaknya harus mengompres video tersebut supaya mempunyai ukuran yang bisa dikirimkan.

Untuk itu, berikut adalah ulasan tentang aplikasi video terbaik yang bisa digunakan oleh semua pengguna ponsel seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Smart Video Compressor
Aplikasi kompres video yang pertama dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd., aplikasi ini berhasil mendapatkan rating 4.6 di Google Play Store. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi gratis dan dapat dipakai untuk mengompres file yang diinginkan oleh para pengguna secara sederhana dan cepat.

2. Compress Videos & Resize Video
Dengan memakai aplikasi kompres video yang satu ini, pengguna tidak usah khawatir lagi dengan kualitas video yang diubah ukurannya karena aplikasi ini akan tetap menjaga kualitas video dan bahkan saat ukuran video berkurang lebih dari 80%. Aplikasi Compress Videos & Resize Video ini memungkinkan kamu untuk mengosongkan ruang di iPhone atau iPad.

Untuk mengurangi ukuran video, kamu hanya perlu membuka aplikasi dan memilih semua video, video yang baru saja ditambahkan atau kategori lain yang tersedia. Setelah memilih kategori, kemudian kamu memilih video yang akan dikompres dengan cara menekan tombol ‘Next’.

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengaturan yang diakhiri dengan tombol kompres dan aplikasi tersebut akan mengecilkan ukuran video kemudian menyimpannya ke dalam album video yang sudah dikompres. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah dipakai dan mendukung hampir semua format video.

3. Video Dieter 2

Video Dieter 2 ini adalah aplikasi kompres video untuk Android yang mempunyai banyak fitur. Aplikasi tersebut sangat ringan karena hanya mempunyai ukuran 2,2 MB. Selain mendukung untuk mengedit foto, Video Dieter 2 ini juga dapat dipakai untuk mengedit video dan mendukung konversi konten 4K.

Para pengguna juga bisa memperoleh pilihan untuk menerapkan foto. Tersedia 24 filter foto yang berbeda. Tidak berbeda dengan aplikasi kompres yang lain, Video Dieter 2 ini juga sudah dilengkapi dengan pilihan untuk menentukan kualitas video, mulai dari rendah, sedang, sampai tinggi.

Aplikasi tersebut gratis sehingga nantinya akan muncul iklan. Video Dieter 2 juga memiliki berbagai fitur terkunci yang dapat dibuka dengan cara merekomendasikan aplikasi kepada teman-teman pengguna.

4. Video Slimmer

Video Slimmer bukan hanya aplikasi kompresi video sederhana untuk iOS, tetapi juga memungkinkan penggunanya untuk memangkas, memutar, atau menggabungkan video. Kemampuan pemrosesan batch aplikasi sangat bagus, karena pengguna dapat dengan cepat mengekspor video yang diubah ukurannya.

Pengguna dapat mengosongkan hingga 80% dari penyimpanan iPhone atau iPad mereka. Aplikasi Video Slimmer memungkinkan pengguna untuk memilih apakah mereka ingin menghapus video asli dari perangkat setelah kompresi, atau menambahkan salinan video ke dalam galeri foto.

Kembali ke menu utama aplikasi dan klik tombol “Slim Now” untuk mulai mengompresi video yang sudah dipilih. Setelah melakukan perampingan video, pengguna dapat membagikannya di media sosial atau mengirimkannya ke teman lebih cepat daripada file asli yang mempunyai resolusi tinggi.

5. Video Compress – Shrink Vids

Aplikasi kompres video berikutnya dikhususkan untuk kamu yang menggunakan perangkat Apple dan gratis untuk digunakan. Aplikasi ini merupakan hasil dari pengembang Martin Brachmann. Video Compress – Shrink Vids ini memiliki peringkat 4.5 di App Store. Video dapat diperkecil dan dikompresi untuk menghemat ruang perangkat.

Video Compress – Shrink Vids ini memungkinkan para pengguna untuk mengompresi file tunggal, banyak file atau bahkan seluruh album sesuai kebutuhan. Kekuatan kompresi juga dapat disesuaikan dengan memilih bit rate dan resolusi file.

Fungsi pratinjau memungkinkan pengguna untuk memeriksa kualitas gambar sebelum kompresi. Ditambah lagi, ada fitur tambahan seperti kemampuan untuk menghapus video asli untuk menghemat ruang, mengompresi video 4K, antarmuka yang sederhana dan intuitif, dan banyak lagi.

6. VidCompact

VidCompact dibuat oleh pembuat aplikasi pengeditan video VideoShow, yang menyebutkan bahwa aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki banyak fitur seperti memangkas video, mengompresi video, mengganti nama, dan banyak lagi.

Saat meluncurkan aplikasi, pengguna dapat memilih “Trim and Compress”, dan kemudian pengguna dapat memilih video yang ingin dikompres dari subfolder. Setelah memilih video, pengguna dapat memilih resolusi sesuai dengan keinginan saat mengompres video.

Jika diinginkan, pengguna juga bisa dengan bebas memilih untuk memangkas video saat proses kompresi sedang berjalan. Salah satu hal terbaik tentang aplikasi ini adalah tidak terlalu banyak iklan dan tidak ada versi berbayar.

7. Video Compressor & Editor

Aplikasi kompres video untuk iOS ini dikembangkan oleh seorang developer bernama Yong Chen. Kompresor & Editor Video ini bisa digunakan secara gratis dan memiliki peringkat 4,6 di App Store. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan serta memungkinkan Anda untuk mengompres file dengan kualitas yang baik.

Video dapat dipotong, dipangkas, dipisah, digabung, dan diputar sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengompres satu file atau beberapa file. Ada beberapa opsi resolusi yang tersedia untuk file H264 dan HEVC.

Fitur lain dari aplikasi ini termasuk dukungan untuk beberapa opsi bitrate, fungsionalitas pratinjau, pelestarian metadata, dan banyak lagi. Kompresor & Editor Video membantu pengguna iOS berbagi dan mengirim video dengan mudah.

sumber: viva.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.