Easy With Knowledge
News  

Inflasi Thailand memuncak pada bulan Juni, dengan bank sentral memprediksi suku bunga.

Wartawan Tribune News Michael Daphne Adi Prasetio

Dunia-Ilmu.com, Bangkok – Inflasi di berbagai belahan dunia, termasuk Asia, kini merambah ke Thailand. Inflasi di Thailand meningkat tajam pada Juni 2022, melebihi ekspektasi.

Rekor inflasi Thailand menaikkan suku bunga Bank Sentral Thailand diperkirakan akan menaikkan suku bunga awal bulan depan, setelah Kementerian Perdagangan Thailand memperingatkan bahwa inflasi bisa berlanjut hingga kuartal ketiga.

Indeks Harga Konsumen (CPI) naik 7,66 persen tahun lalu, didorong oleh harga energi yang tinggi, menurut Kementerian Perdagangan Thailand pada Rabu (7 Juli 2022).

“CPI diperkirakan meningkat 6,46 persen pada kuartal yang sama seperti pada kuartal kedua.” Ronarong Folpipat, seorang pejabat di Kementerian Perdagangan Thailand, mengatakan.

Namun, tahun lalu terlihat penurunan tajam dalam harga, dengan harga jatuh tajam pada kuartal terakhir. Dia mengatakan rata-rata tingkat inflasi pada 2022 akan menjadi 4,5 persen.

Baca lebih banyak: Tingginya inflasi RI di G20 telah menjerumuskan negara berkembang ke jurang kemiskinan

Bank of Thailand memperkirakan inflasi sebesar 6,2 persen pada tahun 2022, dan 1 hingga 3 persen lebih tinggi dari yang diproyeksikan.

Sementara itu, ekonom Thailand mengatakan BOT akan mulai menaikkan suku bunga sebesar 0,50 persen pada pertemuan kebijakan moneter (MPC) berikutnya untuk mengekang inflasi.

Baca lebih banyak: Tingkat inflasi Korea Selatan adalah yang tertinggi dalam 24 tahun terakhir

“MPC harus menyesuaikan kebijakan moneternya secara tepat waktu, dengan langkah pertama pada bulan Agustus dan langkah lainnya pada kuartal terakhir tahun ini, menurut Ekonom Komersial CIA Quinnwat Sreasing.

Fakarafot Nunatas dari Crung Thai Bank memperkirakan dua kenaikan tarif masing-masing 25 poin pada Agustus tahun ini karena “ekonomi tidak kuat.”

Baca lebih banyak: Inflasi Turki naik hampir 80 persen dari harga pangan

Pekan lalu, BOT mengatakan bahwa kebijakan moneter akan diawasi secara ketat agar tidak menghambat pemulihan ekonomi Thailand.

Indeks CPI, yang menekan harga energi dan makanan segar di bulan Juni, naik 2,51 persen dari tahun lalu menjadi 2,37 persen di bulan Mei, naik 2,28 persen di bulan Mei.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/07/inflasi-thailand-catat-rekor-tertinggi-di-juni-bank-sentral-diprediksi-naikkan-suku-bunga