Easy With Knowledge

Inflasi naik 78,62 persen, dan Fich mengurangi utang Turki dari B+ menjadi B.

Reporter Tribunnews.com Namira Yonia Lestantti Tribun News.com, Istanbul – Lembaga pemeringkat utang AS Fitch Ratings telah mengurangi utang Turki dari B+ menjadi B sebagai akibat dari meningkatnya inflasi di Istanbul. Tingkat inflasi Turki naik 78,62 persen pada kuartal kedua, tertinggi dalam 24 tahun. Inflasi mendorong lira turun 23 persen. Hal ini menyebabkan Fitch mengambil tindakan spekulatif untuk mengurangi beban utang Turki.

Baca lebih banyak: Sri Lanka kehilangan kebangkrutan: 8 negara berisiko bangkrut

Penurunan telah terbukti sejak tahun lalu, dengan lira Turki terdepresiasi terhadap dolar, turun 44 persen. Situasi ini semakin memburuk sejak invasi Rusia ke Ukraina, bahkan eskalasi konflik telah menyebabkan kenaikan harga di Turki karena sebagian besar kebutuhan pangan dan energi negara itu datang langsung dari Rusia dan Ukraina. Efeknya adalah mengurangi konsumsi di Turki. Sejumlah langkah telah diambil untuk menahan kenaikan inflasi, salah satunya adalah dengan menurunkan suku bunga tahun lalu dan mentransfer uang kepada Presiden Turki Erdogan untuk mendorong pertumbuhan ekspor, produksi dan investasi. Tidak hanya itu, Erdogan telah membentuk badan pengawas perbankan, BDDK, untuk membatasi pinjaman lira kepada perusahaan asing untuk menjaga nilai lira.
Sayangnya, langkah-langkah ini tidak cukup untuk mengatasi defisit perdagangan Turki yang meningkat, harga energi yang tinggi, dan dampak harga pangan di pasar dunia. “Terlepas dari pemulihan pariwisata, defisit perdagangan Turki sekarang telah melihat permintaan asing yang kuat dan lemah untuk 5,1 persen dari PDB tahun ini.” Jika kondisi ini terus berlanjut, Fitch memperkirakan pada tahun 2022, inflasi di Turki akan meningkat menjadi 71,4 persen.

Baca lebih banyak: Inflasi global naik, mencapai 80 persen di Turki, Korea Selatan memegang rekor

Cadangan devisa pusat Turki telah mencapai titik terendah sebesar $7,51 miliar.
Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/10/inflasi-melonjak-7862-persen-fitch-pangkas-peringkat-utang-turki-dari-b-ke-b