Easy With Knowledge
News  

INASPOC menggelar pelatihan relawan APG 2022 jelang keberangkatan Asean Para Games.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, akhirnya Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2022 (INASPOC) memutuskan Dia mengajak ribuan relawan untuk mendukung berjalannya ASEAN Para Games (APG) ke-11 secara damai pada 2022 di Solo, Tengah. Jawa

Besarnya animo masyarakat Indonesia tercatat sebanyak 6.707 pendaftar menjadi relawan. Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, akhirnya 1.336 orang terpilih menjadi relawan APG 2022.

Dalam rangka menciptakan relawan yang berkualitas untuk mendukung pesta olahraga disabilitas di negara-negara Asia Tenggara, INASPOC mengadakan pelatihan relawan tatap muka dan online di Solo pada 21-23 Juli 2022.

Pembukaan pelatihan relawan tersebut adalah Bayou Rahadian, Deputy Head of Competition Management Inaspoke.

Bayu Rahadian berkomentar bahwa para relawan ini bangga bisa hadir karena merupakan bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan ASEAN Para Games 2022.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan relawan yang baik untuk mendukung keberhasilan APG 2022. Seleksi relawan dilakukan secara bertahap, sehingga adik-adik ini benar-benar terpilih,” kata Bayou Rahadian.

Di ajang kelas dunia ini, kehadiran relawan menjadi salah satu pilar utama suksesnya acara tersebut. Untuk itulah INASPOC mengadakan pelatihan APG ini. Saat digelar, untuk memastikan relawan terbaik berada di garda terdepan.

“Relawan adalah garda terdepan, jadi harus memberikan pelayanan terbaik. Keberhasilan pelaksanaan APG 2022 sangat ditentukan oleh sifat dan dukungan relawan. Relawan adalah wajah organisasi, kota Solo dan wajah Indonesia,” Bayu menjelaskan.

Selama pelatihan, sejumlah materi diberikan kepada para relawan, termasuk pelatihan umum tentang keterampilan komunikasi informasi dan kesadaran disabilitas, pelatihan khusus tentang informasi teknis untuk departemen penempatan, dan portal pelatihan yang disebut e-learning. Itu dapat diakses secara pribadi oleh sukarelawan.

Sementara itu, Wakil Sekjen Ketenagakerjaan Ferdinand Tangkudung kemudian mencatat pentingnya memiliki relawan di APG.

“Relawan adalah ‘wajah permainan’ karena mereka adalah orang pertama atau garis depan yang berhubungan dengan atlet, pelatih, dan ofisial. Kehadiran mereka sangat penting untuk acara ini,” kata Ferdinand.

“Relawan adalah bagian dari sejarah yang tercipta di Solo. Pasalnya, sejak ASEAN Para Games digelar di Indonesia, tepat di kota Solo, kini sebelas tahun kemudian, multievent ini kembali digelar di Solo,” imbuhnya. Ferdinand.

Seperti diketahui, ASEAN Para Games ke-11 2022 akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli hingga 6 Agustus.

Sebanyak 11 negara Asia Tenggara akan berpartisipasi dalam ajang ini, antara lain Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, Laos, Timor Leste, dan tuan rumah Indonesia.

Mereka bertanding di 14 cabang olahraga yakni Para-Athletics (AT) Para-Swimming (SW) Para-Badminton (BA) Para-Table Tennis (TT) Para-Chess (CH) Para-Weightlifting (PO) Boccia (Para-Athletics). Bo) Judo-Terlihat (BJ) Goalball (GB) Tennis-Wheelchair (WT) Para-Archery (AR) Soccer CP (FT) Basket Kursi Roda (WB) Volley-Sitting (SV).

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/sport/2022/07/21/inaspoc-adakan-pelatihan-volunteer-apg-2022-jelang-bergulirnya-asean-para-games