Easy With Knowledge
News  

Hati-hati, mafia tanah sering mengincar tanah kosong, awas modus kotor!

Wartawan Tribunnews.com Fandi Permana.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Apakah Anda memiliki tanah, tanah yang tidak digunakan, kebun, rumah atau aset properti serupa? Lebih baik berhati-hati. Mafia tanah sekarang berkeliaran mencari mangsa.

Korban mafia tanah terus berjatuhan di banyak daerah. Baru-baru ini, Kasubdit Harda DitreScrim Polda Metro Jaya berhasil mengungkap ketidakjujuran pejabat BPN (Badan Pertanahan Nasional) berdasarkan laporan yang diterima korban kejahatan pertanian sejak tahun 2020.

Sejak diumumkannya kasus ini, fakta terbaru telah terungkap.

Di antaranya, para mafia tanah menggunakan berbagai cara baru untuk memperoleh tanah yang bukan haknya dengan cara mengalihkan sertifikat hak milik kepada orang lain.

Salah satu sasaran mafia tanah untuk melakukan kejahatan ini adalah memiliki tanah kosong. Mereka sering mengincar lahan kosong yang tidak dilindungi atau memiliki tanda kepemilikan yang sah.

Jaya Combs Hengki Hariyadi, Direktur Reserse Kriminal Polda Metro, mengatakan, “Ada fakta terbaru dari kasus ini. Jadi target yang harus dilindungi seringkali adalah ruang kosong yang tidak dijaga dan tidak ada spanduk iklan yang dipasang.” Diungkapkan untuk mempublikasikan kasus mafia tanah di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Menurut Hengqi, ada 5 cara pembebasan lahan dengan menempati lahan kosong. Yang lebih mengesankan adalah 4 modus operandi baru.

Baca juga: Hancurkan Mafia Tanah, Polda Metro Jaya Tangkap 30 Orang

Salah satu modus yang biasa digunakan adalah mengirim seseorang untuk mengelabui korban. Mereka membingkai situasi dengan menciptakan peran pengganti yang mewakili keluarga korban.

Modus ini diketahui telah dilakukan oleh keluarga artis Nirina Zubir, karena 6 sertifikat tanah dipindahtangankan ke pihak lain atas nama almarhumah ibunya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/properti/2022/07/18/awas-mafia-tanah-kerap-incar-tanah-kosong-waspadai-modus-modus-kotornya