Easy With Knowledge
News  

Dampak Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, Akankah Terjadi Perang di Selat Taiwan?

Oleh : Novi Basuki *)

Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersikeras mengunjungi Taiwan untuk memprovokasi China (2/8/2022) Hubungan China-AS dan ketegangan lintas-Taiwan telah meningkat.

Apalagi, Pelosi telah mengadakan serangkaian pertemuan politik dengan anggota parlemen tertinggi Taiwan hingga “presiden” Taiwan Chi Ing-wen.

Pelosi telah lama dikenal sebagai politisi anti-China — tepatnya pemerintah Komunis China.

Dan sekarang dia adalah pejabat tinggi AS pertama yang melakukan perjalanan ke Taiwan dalam seperempat abad.

Wisata sejarah Namun, Thomas L. Friedman, dalam opininya di New York Times (1/8), menyebutnya “sangat ceroboh”.

Tak heran jika pemerintah China membalas.

Baca juga: China telah memanggil diplomat Eropa untuk memprotes latihan militer China di Selat Taiwan.

Mungkin karena Dai Sheng, seorang sarjana di akhir Dinasti Han, mengajari mereka untuk mengatakan, “lai er bu wang fei li ya” (jika Anda tidak menjawab saat marah, itu tidak sopan).

Pada malam Pelosi tiba di Taiwan, Menteri Luar Negeri China Xi Feng, saat itu Dubes China untuk Indonesia, langsung memanggil Dubes AS di Beijing untuk memprotes. “Pelosi sengaja bermain api. China tidak akan tinggal diam,” katanya.

Selain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, DPR, MPR, dan Komite Pusat Urusan Taiwan (Gutoiban) Partai Komunis China turut mengecam.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/tribunners/2022/08/06/imbas-kunjungan-ketua-dpr-amerika-nancy-pelosi-akankah-terjadi-perang-di-selat-taiwan