Dampak Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis Anika di Indonesia

Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis Anika di Indonesia
Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis Anika di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, eks Siklon Tropis Anika bisa berdampak pada cuaca ekstrem di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, eks Siklon Tropis Anika ini bisa memengaruhi hujan sedang hingga lebat di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Nusa Tenggara Timur.
“Eks Siklon Tropis Anika yang melemah dan menjauhi Indonesia, menyebabkan dampak tidak langsung selama 24 ke depan,” Guswanto dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (4/3/2022).

BACA JUGA:Daftar Wilayah Indonesia Terdampak Bibit Siklon Tropis 95S dalam 24 Jam ke Depan
Dia menerangkan, siklon tropis anika pertama kali tumbuh di sekitar Laut Timor, sebelah utara Australia sejak 26 Februari 2022 lalu.

Namun, berdasarkan analisis pada Rabu (2/3), posisinya telah berada di wilayah pesisir barat Australia, tepatnya di 19,0 Lintang Selatan dan 121,3 Bujur Timur (sekitar 940 km sebelah selatan barat daya Rote).

Kemudian, disebutkan jika sistem siklonnya melemah dengan kecepatan angin maksimumnya sekitar 35 knot (65 km/jam) dan tekanan udara minimal di pusatnya sekitar 993 hPa.

“Pergerakan sistemnya semakin menjauhi wilayah Indonesia ke arah selatan-barat daya,” ujar dia.

BACA JUGA:Intip Teknologi Pesawat Kiamat AS Penangkal Nuklir, Diantaranya Bisa Terbang Seminggu Penuh
Selain dampak hujan lebat, eks siklon tropis anika juga berpengaruh pada tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter di sejumlah wilayah:

– Perairan Kepulauan Selayar,

– Perairan Barat Kepulauan Selayar,

– Laut Flores bagian barat,

– Perairan utara Kepulauan Flores,

– Perairan P. Sawu,

– Laut Sawu,

– Perairan Kupang – P.Rotte,

– Samudra Hindia Selatan Kupang – P. Rotte.

Selain itu, memengaruhi tinggi gelombang 2,5-4 meter di Samudra Hindia selatan P. Sumba.

Melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC), Guswantu menyampaikan bahwa BMKG terus melakukan pemantauan perkembangan potensi siklon tropis dan aktivitas dinamika atmosfer lainnya beserta potensi dampak cuaca ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.