Easy With Knowledge
News  

Daftar 37 negara bagian di Indonesia setelah Papua resmi dibagi menjadi 3 negara bagian

Dunia-Ilmu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia telah menyetujui tiga rancangan undang-undang (RUU) untuk menjadikan negara Papua sebagai negara bagian baru (DOB).

Pengesahan ketiga UU Negara Papua Baru itu digelar di Gedung NUSTARA II, Kompleks Parlemen, Senai, Jakarta, Kamis (30/6/2022) di Gedung Majelis Umum DPR.

diumumkan Tribunnews.com Sebelumnya, ketiga akun ini disetujui dan Papua dibagi menjadi 3 provinsi: Papua Selatan, Papua Tengah, dan Pegunungan Papua.

Baca lebih banyak: Indonesia kini memiliki 37 negara bagian setelah Papua resmi dimekarkan menjadi 3 negara bagian, berikut daftarnya

“Undang-undang ini menjamin hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua dalam hal pemekaran daerah yang bertujuan untuk memajukan pemerataan dan pemerataan pembangunan di Indonesia,” kata Juru Bicara DPR RI Jean Maharani dalam keterangannya usai rapat umum.

Adapun negara bagian Papua Selatan beribukota di Kabupaten Merauke.

Sedangkan ibukota Provinsi Tengah adalah Resimen Nabire, dan ibukota Pegunungan Papua berada di Resimen Jayajaya.

Sebagai informasi, Negara Bagian Papua Selatan meliputi 4 kabupaten: Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat.

Negara Papua Tengah meliputi 8 provinsi yaitu Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai.

Wilayah Pegunungan Papua akan memiliki sembilan kabupaten: Jayajaja, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mambermo Tengah, Yalimo, Lani Jaya dan Ndugua.

Indonesia kini memiliki 37 negara bagian.

Baca lebih banyak: DPR mengesahkan tiga undang-undang tentang pemekaran Negara Papua, yang menjamin hak rakyat atas pembangunan yang berkeadilan

Baca lebih banyak: 3 Provinsi Papua Baru Baru Disahkan

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/01/daftar-37-provinsi-di-indonesia-setelah-papua-resmi-dimekarkan-jadi-3-provinsi