12 Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah

Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik – Berbicara mengenai sayuran salah satu cara untuk kita mendapatkan sayuran yang sangat segar dan pastinya tanpa pestisida adalah dengan kita menanam sayuran sendiri yang pastinya akan menghasilkan tanaman berkualitas baik dan bebas kimia. Didalam suatu kegiatan bertanam berbagai masalah sering terjadi apabila kamu mengambil langkah yang salah, karena tidak semua orang mempunyai lahan untuk melakukan cocok tanam tersebut.

Berbicara mengenai menanam sayuran tanpa adanya lahan tanah, disini terdapat salah satu cara agar anda bisa menanam sayuran tanpa harus memikirkan lahan tanah sebagai salah salah satu alat penting dalam bertanab m yaitu dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanahnya, salah satu cara tersebut diberi nama Hidroponik.

Apa Itu Hidroponik ?

Hidroponik adalah sebuah metode atau kegiatan dalam budidaya menanam kita memanfaatkan salah satu senyawa air sebagai media pengganti tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman tersebut. Selain itu dalam hidroponik ini kebutuhan air pada metode tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan air pada budidaya menanam dengan tanah, sebab dalam metode tersebut kamu tidak perlu sering menggantikan airnya terlalu sering.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah
Nah, salah satu metode ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi berkebun dan memiliki banyak kreativitas sehingga hal tersebut dapat menghilangkan stress. Lalu? bagaimana sih cara mudah untuk menanam sayuran dengan bantuan metode Hidroponik di rumah. Jangan khawatir, disini admin Dunia-ilmu.com akan memberikan beberapa tips dan cara mudah untuk menanam sayuran dengan bantuan metode hidroponik.

Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah

Seperti yang saya ketahui pertumbuhan dalam tanaman hidroponik ini bisa mencapat 50% lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan tanaman yang ditanam pada median tanah pada kondisi yang sama. Beberapa alasan tersebut adalah karena untuk tanaman yang menggunakan median hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya akan nutrisi, kondisi ini juga yang bisa membuat tanaman tidak memerlukan akar yang besar untuk memperoleh nutrisi yang banyak.

Bagi kamu yang masih pemula dalam melakukan cocok tanam dengan median hidroponik, kamu bisa memilih terlebih dahulu untuk bibit yang akan anda tanam disini terdapat banyak pilihan bibit antara lain seperti Kangkung, Pak coy, bayam dan sebagainya. Karena seperti yang kita ketahui tanaman sayur hijau mudah untuk ditaman, cepat pertumbuhannya dan pastinya tidak sulit untuk ditanam. Berikut ini adalah cara mudah untuk menanam sayuran hidroponik di rumah, antara lain :

Teknik NFT (Nutrient Film Technique)

NFT atau Nutrient Film Technique adalah sebuah teknik yang sangat populer digunakan oleh banyak orang dalam melakukan pengaplikasian tanam hidroponik sayuran. Lalu untuk cara membuatnya silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu beberapa pipa atau talang dan pompa air.
  2. Setelah itu lubangi pipa sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  3. Ingat! Pastikan jarak antara satu lubang dengan lubang yang lain sama.
  4. Apabila sudah, susun kembali pipa atau talang yang telah dipersiapkan untuk menjadi tempat media tanaman hidroponik.
  5. Siapkan tempat penampung pada ujung pipa yang lebih rendah dan Pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal.
  6. Cara ini memiliki konsep dasar menanam akar tanaman tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, serta air secara baik dan tercukupi.

Tenik Wick System

Wick System adalah sebuah teknik yang tidak kalah terkenalnya dengan teknik yang pertama tadi, untuk teknik ini sangat disukai karena dalam pembuatannya sangat mudah serta bahan-bahan yang digunakan juga mudah di cari, beberapa bahan-bahan tersebut antara lain :

  1. Botol air mineral
  2. Alat pemotong
  3. Sumbu kompor atau kain flanel
  4. Alat untuk melubangi, bisa berupa solder atau paku
  5. Air nutrisi

Cara Membuatnya

  1. Pertama potong terlebih dahulu botol bekas menjadi 2 bagian dan lubangi tutup botol tersebut.
  2. Setelah itu gabungkan ke dua bagian botol. Untuk caranya baliklah bagian moncong pada botol menghadap kebawah.
  3. Pasang sumbu kompor ataupun kain flanel pada lubang di tutup botol dan pastikan kain tersebut dapat menyerap air nutrisi.
  4. Selanjutnya, tanam bibit pada bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  5. Isi bagian botol bawah dengan air nutrisi.
  6. Selesai

Setelah kamu mengetahui 2 metode menanam sayuran hidroponik dengan menggunakan teknik NFT atau Wick System, anda bisa menerapkan dan mengaplikasikan metode tersebut pada tumbuhan atau sayuran hidroponik anda sendiri di rumah.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan selaku admin di Dunia-Ilmu.com terkait artikel tentang 12 Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “12 Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah”

Tinggalkan komentar