Cara Merekam Video Call WhatsApp (Terbaru Tahun 2021)

Foto: suatekno.id

Salah satu aplikasi berbagi pesan WhatsApp kini menjadi begitu trend di kalangan masyarakat. WhatsApp hadir dilengkapi dengan fitur berbagi pesan teks, suara, telepon dan video call. Cara merekam video call WhatsApp rupanya sangat mudah. Yuk intip caranya!

A. Merekam Video Call dengan Aplikasi DU Screen Recorder

Cara pertama merekam video call WhatsApp melalui hp android ialah dengan menggunakan salah satu aplikasi perekam layar bernama DU Screen Recorder. Cara satu ini cukup mudah dipraktekkan kok ! Berikut ini tahapan-tahapannya.

Langkah 1 – Install Aplikasi

Pertama, install aplikasi DU Screen Recorder terlebih dahulu. Pastikan setelah menginstallnya, pasang aplikasintersebut di android agar bisa dioperasikan untuk merekam video call WhatsApp

Langkah 2 – Mulai Perekaman Layar

Jika DU Screen Recorder sudah berhasil terinstal, di layar handpone android akan muncul ikon DU Screen Recorder. Barulah bisa memulai perekaman layar dengan cara menyentuh ikon aplikasi tersebut hingga muncul beberapa ikon menu, kemudian sentuh tombol Record

Langkah 3 – Membuka WhatsApp dan Lakukan Video Call

Langkah yang ketiga adalah membuka WhatsApp dan ajak video call orang yang ingin dihubungi. Proses perekaman akan terus berjalan, DU Sceen Recorder akan menampilkan durasi perekaman layar selama proses rekaman terus berlangsung.

B. Merekam Video Call Menggunakan iPhone

Merekam video call WhatsApp di hp android sudah dijelaskan secara rinci. Lantas, bagaimana cara merekam video call WhatsApp melalui iPhone ? Rupanya caranya lebih praktis lho ! Aplikasi bawaan iPhone ternyata berfungsi sebagai perekam layar saat video call. Ini dia caranya.

Langkah 1 – Masuk ke Menu Settings

Pada layar utama iPhone, masuk ke menu Settings untuk memulai merekam video call di WhatsApp. Kemudian scroll ke bawah dan temukan Control Center

Langkah 2 – Mengaktifkan Pengaturan Screen Recording

Pada menu Control Center, pengguna bisa memilih Customize Controls. Kemudian masukkan Screen Recording ke dalam Include. Jika proses ini sudah selesai, langsung tutup pengaturan

Langkah 3 – Mulai Merekam Layar

Nah, tahap yang terakhir yaitu bukalah aplikasi WhatsApp dan pilih kontak orang yang ingindiajak video call. Sebelum melakukan video call, pastikan buka Control Panel terlebih dahulu dengan cara scroll up layar ke atas. 

Kemudian pilih menu Screen Recordeing yang sudah ditambahkan tadi, maka selang waktu 3 detik secara otomatis iPhone akan melakukan perekaman layar video call yang berlangsung. Jika video call sudah selesai, pengguna bisa mengakhiri perekaman dengan cara menyentuh bagian atas layar dan pilih tombol Stop.

C. Merekam Video Call dengan Aplikasi Az Screen Recoreder

Ada satu cara lagi untuk perekaman layar di hp android, yakni dengan memanfaatkan aplikasi Az Screen Recorder. Bagaimana cara menggunakannya ? Mudah saja, ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

Pertama, install dan pasang aplikasi Az Screen Recorder di hp android

Setelah terpasang, barulah buka aplikasi tersebut agar bisa diaktifkan

Az Screen Recorder yang sudah aktif akan ditandai dengan munculnya ikon di layar hp

Kemudian mulai perekaman dengan cara tap ikon tersebut lalu pilih tombol berwarna merah dengan ikon kamera. Secara otomatis, perekaman akan berlangsung

Jika ingin menyudahi video call, bukalah panel pemberitahuan dengan menyentuh tombol Stop. 

Hasil video call yang direkam tadi secara otomatis akan tersimpan di gallery hp

Itulah cara merekam video call WhatsApp praktis yang bisa pengguna android dan iPhone lakukan dengan mudah. Merekam video call melalui android dan iPhone rupanya sama-sama simple dan praktis ya ? Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Tinggalkan komentar