Berikut Kesalahan Memakai Skincare di Usia 20-an yang Harus Dihindari dan Cara Mengatasinya

Berikut Kesalahan Memakai Skincare di Usia 20-an yang Harus Dihindari dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi perempuan memakai skincare/Tiffany Young/ Foto: koreaboo.com

Skincare menjadi salah satu kebutuhan banyak orang, terutama perempuan untuk selalu memiliki kulit yang tampak sehat dan glowing. Selain itu, penggunaan skincare juga ditujukan untuk merawat kulit dalam kondisi tertentu, misalnya mengatasi jerawat, mengurangi komedo, dan masih banyak lagi.
Kini, remaja pun sudah makin mengenal skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Namun, perlu kamu sadari, penggunaan skincare yang tidak tepat akan memberi dampak pada kulit, Beauties.

Ini dia beberapa kesalahan memakai skincare di usia 20-an yang harus kamu

hindari serta cara untuk menghindarinya!

Menggunakan Banyak Produk Skincare di Waktu yang Bersamaan

gunakan skincare sesuai kebutuhan kulit/ Foto: harpersbazaar.com

Kulit kita memang membutuhkan penggunaan skincare, namun sebaiknya kamu menggunakan skincare seminimal mungkin atau sesuai kebutuhan kulit ya, Beauties.

Melansir insider.com, penggunaan banyak produk skincare di waktu yang bersamaan justru bisa menimbulkan dampak tak baik untuk kulit seperti kemerahan, iritasi, breakout, hingga kondisi kulit yang makin kering.

Selain itu, jangan cepat ‘tergiur’ dengan berbagai iklan skincare yang sebenarnya nggak dibutuhkan kulit kamu, ya!

Tidak Memakai Sunscreen Ketika di Dalam Ruangan

Siapa di antara kamu yang hanya memakai sunscreen ketika hendak beraktivitas di luar ruangan? Mulai sekarang, hindari kebiasaan yang satu ini, ya. Penggunaan sunscreen yang tepat ialah ketika berada di dalam maupun luar ruangan. Pasalnya, sinar matahari tetap bisa masuk ke celah-celah pintu hingga jendela.

Pantulan sinar matahari di kaca jendela pun tetap bisa mempengaruhi kulit kamu. Jadi pastikan untuk tetap menggunakan sunscreen meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, ya. Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Eksfoliasi

Bagi pemilik kulit berjerawat, menggunakan produk eksfoliasi menjadi salah satu ‘andalan’ untuk membasmi jerawat, bruntusan, atau komedo yang menyumbat di pori-pori.

Namun, penggunaan produk eksfoliasi yang berlebihan bisa memperparah kondisi wajah. Melansir GQ, penggunaan eksfoliasi berlebih atau kerap disebut over-exfoliate bisa menyebabkan kulit menjadi merah, iritasi, bahkan mengelupas seperti yang diutarakan Dr. Ryan Turner, dermatologis asal New York.

Dr. Turner juga menyarankan untuk memilih produk eksfoliasi yang gentle, kamu juga bisa menggunakan produk eksfoliasi sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Tidak Membersihkan Makeup Secara Menyeluruh

Memakai makeup memang menyenangkan dan membuat penampilan makin percaya diri. Namun, hal tersebut harus diikuti dengan melakukan pembersihan makeup secara menyeluruh dari wajah. Jika kamu tidak membersihkan makeup sampai benar-benar bersih, permasalahan kulit akan segera ‘menggapai’ kamu, Beauties.

Melansir cleanbeautyswiss.com, jika masih terdapat sisa makeup di wajah dan kamu langsung tidur setelahnya, hal tersebut akan menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, bisa memicu munculnya jerawat hingga kulit yang iritasi.

Pastikan untuk selalu melakukan double cleansing untuk mengangkat makeup maupun sisa-sisa kotoran di wajah. Pertama, gunakan makeup remover, cleansing oil, atau cleansing balm untuk membersihkan makeup. Kemudian, lanjutkan dengan membilas wajah menggunakan facial wash atau facial foam.

Nah, itu dia beberapa kesalahan memakai skincare yang harus kamu hindari di usia 20-an. Pastikan untuk selalu merawat kesehatan kulit kamu ya,

sumber:beautynesia.id

One thought on “Berikut Kesalahan Memakai Skincare di Usia 20-an yang Harus Dihindari dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.