Begini Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Mengoperasikan AC yang Baru Dibeli

Begini Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Mengoperasikan AC yang Baru Dibeli

Memiliki kemampuan mendinginkan ruangan dengan cepat, membuat AC banyak digunakan penghuni rumah. Namun, perlu diketahui, AC yang baru dibeli tidak boleh langsung dioperasikan atau menggunakannya. Mengapa demikian?

Dilansir dari HVACseer, Minggu (10/4/2022), beberapa profesional AC memberi tahu bahwa sebaiknya menunggu selama 30 menit sebelum mengoperasikan AC baru.

Hal ini agar freon AC dapat mengendap pada tempatnya dan mencegah kerusakan AC lebih cepat. Namun, tergantung pada style atau fiturnya, beberapa bagian harus menunggu 24 jam untuk mengoperasikan AC.

Jadi, untuk memastikannya, sebaiknya membaca buku handbook pabrikan karena biasanya di dalamnya menunjukkan waktu penyetelan terbaik sebelum mengoperasikan AC.

Tergantung jenis unit AC

Sebagian besar unit AC baru perlu didiamkan selama 30 menit atau beberapa jam sebelum mengoperasikannya, tetapi beberapa style tidak perlu melakukannya sama sekali. Hal itu tergantung pada bagaimana unit AC ditangani.

Saat membeli AC, Anda cenderung memindahkan unit dari suatu facet ke facet lain yang menyebabkan cairan berpindah dari tempat semestinya.

Selain itu, Anda harus mengondisikan kompresor AC untuk beroperasi dengan benar. Akan tetapi, bagaimana jika AC baru tidak sengaja dioperasikan?

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera mematikannya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Apabila kompresor rusak, ini akan menuntut penggantian.

lebih dari itu, Anda dapat mengganti semua unit jika kerusakan kompresor cukup signifikan dan itu merupakan kerugian besar.

Berapa lama AC boleh dioperasikan setelah 30 menit berlalu?

Setelah selesai mengoperasikan AC selama beberapa menit hingga beberapa jam (tergantung pada rekomendasi pabrikan), jangan ragu menggunakan AC selama yang Anda inginkan.

Unit AC akan tetap baik-baik saja, bahkan dengan penggunaan terus-menerus. Namun, itu mungkin tidak untuk dompet Anda. Ingatlah bahwa terus menjalankan unit AC dapat menumpuk tagihan energi yang tinggi. Jadi, disarankan menggunakan AC secara efisien untuk menghemat uang.

Sumber:kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.