Easy With Knowledge
News  

Bank Dunia memprediksi bahwa 60 negara akan kehilangan ekonomi mereka

Dunia-Ilmu.com – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokoi) telah menyerukan segera diakhirinya krisis pangan dan energi serta krisis keuangan global.

Hal itu ditekankan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Bidang Pengaturan Pemerintah (Rakornas PIP) 2022, Gedung Negara, Jakarta, Selasa (14/06/2022).

“Kita semua harus mempersiapkan diri untuk ini. Pangan harus disiapkan dengan baik, energi harus diperhitungkan dengan baik karena separuh energi kita berasal dari luar negeri. Kita negara besar, pangan butuh pangan besar, dan energi butuh energi besar.” Baik untuk kendaraan, maupun untuk industri, keluarga dan lain-lain, kata Presiden setkab.go.id.

Baca lebih banyak: Rabu Pony dan Kabinet Pahing Jejak Jokowi Revisi, Ini Daftarnya

Presiden Joko Widodo (Jokoi) membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Intern Pemerintah (RACARONAS PIP) 2022 di Gedung Negara, Jakarta, Selasa (14/06/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokoi) membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Intern Pemerintah (RACARONAS PIP) 2022 di Gedung Negara, Jakarta, Selasa (14/06/2022). (Screenshot Channel YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden juga menekankan perlunya dukungan emosional dalam menghadapi ketidakpastian saat ini.

“Menurut Bank Dunia, ada sekitar 60 negara di dunia yang ekonominya akan kolaps. Dari jumlah tersebut, 40 diperkirakan sudah pasti. Merasa bermasalah,” dia berkata.

Ia meminta jajarannya untuk mengelola anggaran pemerintah dengan mengutamakan tiga faktor: efisiensi, nilai tambah dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Belanja pemerintah, belanja pemerintah pusat, dan belanja pemerintah daerah harus memiliki tiga elemen penting: (pertama) menciptakan nilai. Ketiga, harus efektif, harus demikian,” pungkasnya.

Ia juga percaya bahwa ada peluang bagi Indonesia untuk memanfaatkan tantangan yang dihadapi ketidakpastian ini.

“Ancaman kerawanan pangan juga bisa kita manfaatkan sebagai peluang karena banyak lahan kita yang luas tidak dimanfaatkan, banyak yang tidak produktif,” katanya.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/14/jokowi-bank-dunia-memprediksi-60-negara-akan-ambruk-ekonominya