Easy With Knowledge
News  

BAMSOTO PAN MPR RI ANJ diberi waktu 30 hari untuk menentukan pengganti Zulkifli Hassan

Dunia-Ilmu.com, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui surat No. 06/SPK/F-PAN/DPR-RI/2022 Pada 15 Juni 2022, ia berbicara dengan Ketua MPPR RI dan Ketua DPR RI. Zulkifli Hassan mengundurkan diri dari MPR dan DPR.

Hal ini sejalan dengan dilantiknya Menteri Perdagangan RI oleh Presiden Joko Widdo Zulkifli Hassan.

“Oleh karena itu, Pak Zulkifli Hassan tidak akan menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.” Usai menghadiri rapat pimpinan MPR RI di Jakarta, Selasa (21/6/2022), kata Bamsot.

Turut hadir Wakil Presiden MPR RI antara lain Ahmed Basarah, Lesari Mordijat, Jazilul Fawaid, Sirif Hassan, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani dan Fadel Mohammed.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI di bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. Jika Wakil Ketua MPR berasal dari salah satu fraksi atau dari golongan DPD, ia akan memberikan surat pemberitahuan dari Wakil Ketua MPR. Wakil Ketua MPR berasal dari tim DPD.

Hal itu dilakukan oleh pimpinan MPR RI. Mulai 20 Juni 2022, Ketua PAN MPR RI mengirimkan surat dari Wakil Ketua PAN MPR RI terkait kekosongan tersebut. Anja.

“Fraksi atau golongan DPD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 ayat (2) menetapkan nama pengganti Wakil Ketua MPR paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah surat pimpinan MPR. Harus diterima oleh pimpinan fraksi atau golongan DPD.” Terungkap bahwa Pak Zulkifli Hassan diangkat menjadi Wakil Ketua MPR RI,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan, menjelaskan PAN sesuai Pasal 33 (3) setelah proses internal selesai. MP Oposisi Park Zulkifli telah mencalonkan Wakil Presiden MPR RI menggantikan MPRI.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 33 ayat 4, calon Wakil Ketua MPR adalah Wakil Ketua MPR dan ditetapkan dengan surat rekomendasi dari pimpinan MPR. Sidang Penuh MPR.

Atau secara tertulis dalam waktu tujuh hari sejak pengangkatan Wakil Ketua MPR menggantikan pimpinan MPR.

“Dalam Pasal 33, Pasal 5, Wakil Ketua MPR dilantik berdasarkan Pasal 24 di hadapan pimpinan MPR, ketua tim, dan ketua tim DPD. Sidang Tahunan MPR RI 2022,” lapor Bamsot.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mpr-ri/2022/06/21/bamsoet-fraksi-pan-mpr-ri-diberi-waktu-30-hari-menetapkan-pengganti-zulkifli-hasan