5 Rekomendasi Aplikasi Belajar UI/UX Design Terbaru 2021

Rekomendasi Aplikasi Belajar UI/UX – Ketika kamu memasuki sebuah dunia desainer salah satunya yaitu sebagai seorang desainer UI ataupun UX, pastinya membutuhkan sebuah aplikasi pendukung untuk membuat sebuah desain tersebut. Dalam pembelajaran tersebut pastinya kita harus memahami dan memenuhi berbagai lontaran permintaan dari industri.

Nah, dalam perjalan seorang desainer pastinya anda memerlukan berbagai macam aplikasi maupun program yang betujuan untuk mempermudah desainer dalam membuat desainnya. Contohnya dalam membuat sebuah website ataupun sebuah desain tanpa adanya sebuah rancangan yang tepat tentunya mempengaruhi perkembangan sebuah bisnis ataupun hasil yang diperoleh.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk melakukan sebuah riset terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah project tertentu, karena tanpa adanya riset ataupun rancangan seperti yang saya bilang sebelumnya itu akan mempengaruhi hasil yang kamu peroleh. Nah, sesuai dengan judul artikel kali ini, disini saya admin Dunia Ilmu akan sedikit berbagi beberapa rekomendasi aplikasi belajar UI/UX Design yang bisa teman-teman masukan ke daftar list anda, sehingga ketika anda membutuhkannya anda tidak kebingungan.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Belajar UI/UX Design

Lantas apa saja sih rekomendasi aplikasi prototype yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer UI/UX? Yuk intip beberapa rekomendasi aplikasi belajar desain UI/UX dibawah ini, tanpa harus kuliah di jurusan tersebut kamu bisa membuat sebuah desain sendiri loh! semua tergantung pada diri masing-masing niat atau tidaknya alangkah baiknya untuk menjalankannya terlebih dahulu.

Invision

InVision adalah sebuah alat prototyping yang sangat populer di dunia salah satunya di dunia desain. InVision terus bergerak aktif untuk menambah berbagai macam fitur baru untuk mempermudah perancang dalam membuat sebuah prototype yang lebih bagus lagi. Selain itu dalam mengupload sebuah file desain statis kamu harus cepat mengubahnya menjadi prototype interaktif dengan menggunakan ketelitian tingkat tinggi.

Untuk software yang satu ini sangat bagus digunakan dalam sebuah koloborasi antar team dan klient karena kita bisa langsung mengomentarinya secara langsung dari desain yang telah anda buat. Anda juga bisa membagikan beberapa ide ke seluruh team melalui papap yang sudah digunakan. Bebeberapa format yang telah disediakan dimulai dari file jenis JPG, PNG, GIF, AL dan PSD. Selain itu InVison juga memiliki sebuah integrasi push dan pull dengan berbagai aplikasi salah satunya seperti Slack, Dropbox, BOX, Trello, JIRA dan masih ada lagi.

Oragami Studio

Selanjutnya disini ada sebuah software Oragami Studio yang awalnya dibuat oleh pihak Facebook dalam membangun dan merancang sebuah produk di Facebook. Dengan menggunakan software yang satu ini anda akan lebih mudah dalam melihat pratinjau mockup secara langsung melalui android kita secara live karena Origami tersebut bersifat Live. Selain itu anda juga bisa membagikan hasil desain yang telah kamu buat dalam presentasi dalam layar penuh sehingga bisa digunakan dalam perangkat yang berbeda-beda.

Dalam Origami beberapa aplikasi bisa melakukan impor file salah satunya dari aplikasi Desainketch dan Photoshop, selain itu pada Origami juga bisa melakukan lapisan proyek untuk dipertahankan dan diubah sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Bukan hanya itu saja, dalam Origami anda juga bisa melakukan ekspor komponen prototype hanya dengan menggunakan satu klik saja sehingga enggineers yang dihasilkan dapat di copy paste ke proyek tersebut,

Zeplin

Untuk seorang desainer pada bidang UI salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah dalam hal berkomunikasi kepada beberapa tim pengembang, sehingga untuk software Zeplin ini sangat berpengaruh sebab Zeplin dibangun untuk memberikan fasilitas tersebut. Untuk memperoleh desain yang sesuai kamu hanya melakukan pengunggahan desain pada zeplin sehingga aplikasi tersebut secara otomatis akan menghasilkan sebuah spesifikasi dan pedoman yang sesuai.

Contohnya dalam pengembangan Front end software ini juga dapat mengurangi waktu dan upaya dalam mengubah sebuah desain anda dengan membuat sebuah cuplikan kode terkait platform yang digunakan. Nah, dalam melakukan sebuah kolaborasi hal yang harus dilakukan agar lancar kegiatan tersebut yaitu dengan mengintegrasikan Zeplin dengan menggunakan saluran Slack dan menambahkan sebuah catatn untuk pengembang agar bisa dikerjakan sesuai dengan catatan tersebut, anda juga bisa membuatnya langsung melalui fasilitas yang sudah disediakan pada platform langsung.

Sketch

Dalam dunia desain digital salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh seorang UI yaitu sebuah aplikasi Sketch, dimana aplikasi tersebut memiliki sebuah alat yang berbasis vektor sehingga kamu akan lebih mudah dalam mengubah suatu ukuran apapun sesuai dengan ukurannya tanpa harus kehilangan kualitasnya. Selain itu, Sketch ini juga bukan hanya sekedar alat menggambar saja tetapi bagus juga untuk wireframing dan pembuatan sebuah prototype.

Alur kerja dalam aplikasi Sketch ini juga sepenuhnya berbasis vektor yang mempermudahkan dalam pembuatan karya seni yang indah dan mempunyai kualitas yang sangat tinggi mulai dari awal pembuatan sampai selesai. tetapi sangat disayangkan untuk aplikasi ini hanya tersedia untuk Mac saja dan juga untuk menggunakannya kamu harus membayarnya terlebih dahulu dan untuk mendapatkan sebuah pembaharuan kamu harus memperbaharui licensi setiap tahunnya.

Adobe XD

Terakhir Adobe XD atau singkatan dari Adobe Experience Design yang merupakan salah satu tools ataupun perangkat lunak yang diberikan secara gratis dan cukup banyak orang yang menggunakannya dalam hal desain ataupun mobile design UI/UX ataupun pada hal sebuah prototyping dalam berbagai macam platform seperti website, mobile, tablet dan sebagainya. Selain itu didalam aplikasi Adobe XD tersebut kamu bisa menggambar, mencampur vektor maupun membuat sebuah karya seni untuk hal membuat gambar rangka.

Aplikasi Adobe XD atau alat serba guna ini juga memberikan penawaran yang menarik terutama pada fitur untuk merancang dan dalam pembuat sistem desain yang sempurna. Hal itu disebakan XD Secara native memberikan sebuah dukungan pada pengguna windows 10 dan MacOS dan juga beberapa perangkat seluler lainnya seperti Android dan iOs. Ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat direkomendasi bagi kamu yang ingin mengetahui tentang Aplikasi Belajar UI/UX.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan selaku admin di Dunia-Ilmu.com terkait artikel tentang beberapa rekomendasi aplikasi belajar UI/UX Design terbaru 2021, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari rekomendasi aplikasi belajar desain, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar