Kalau Akun Belajar.id Belum Aktif? Lakukan Cara Ini untuk Aktivasi

Kalau Akun Belajar.id Belum Aktif? Lakukan Cara Ini untuk Aktivasi

Akun Belajar.id Belum Aktif? Lakukan Cara Ini untuk Aktivasi

Akun Belajar.id merupakan akun yang dapat digunakan peserta didik, tenaga kependidikan, dan pendidik untuk mengakses berbagai layanan di platform Belajar.id.

Adapun akun Belajar.id bisa didapatkan secara mandiri maupun melalui operator sekolah. Setelah mendapatkan akun Belajar.id, pengguna dapat langsung melakukan aktivasi agar dapat memanfaatkan berbagai layanan pembelajarannya.

Namun bagaimana jika pengguna sudah melakukan aktivasi namun standing pada akun tertulis “Belum Aktif”?  Hal tersebut bisa jadi karena pengguna melewatkan beberapa hal penting dalam melakukan aktivasi akun Belajar.id, salah satunya adalah belum melakukan aktivasi melalui Gmail.

Baca juga: Cara Daftar, Aktivasi, dan Masuk Akun Pembelajaran Belajar.id

Apabila pengguna belum melakukan login di Gmail, maka pihak operator menganggap akun tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus mengaktifkan akun Belajar.id secara mandiri melalui Gmail.

Berikut ini rangkum beberapa langkahnya.

Cara aktivasi akun pembelajaran Belajar.id

  • Buka laman https://mail.google.com/
  • Masuk dengan identitas pengguna (user ID) dan kata sandi (password) yang telah dikirim ke e mail Anda
  • Kemudian cermati syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Klik “Terima”
  • Anda akan diarahkan untuk mengganti kata sandi (password) baru dengan minimal 8 karakter
  • Setelah mengganti kata sandi, Akun pembelajaran Anda telah aktif dan siap digunakan

Baca juga: Mengenal Belajar.id Kemendikbud, Platform Pembelajaran untuk PAUD hingga SMA

Namun, apabila telah melakukan aktivasi di Gmail dan akun masih menampilkan standing “Belum Aktif”, maka pengguna dapat mengabaikannya saja.

Selama Anda dapat mengakses berbagai layanan Belajar.id, maka akun tersebut telah aktif.  Sebagai informasi, Belajar.id sendiri merupakan platform pembelajaran virtual dari Kemendikbud Ristek.

Platform ini menyediakan berbagai layanan pembelajaran seperti Aplikasi Merdeka Mengajar, Kelas Daring, Presentasi Daring, Rumah Belajar, TanyaBOS, video konferensi, dan lainnya.

Belajar.id dapat diakses peserta didik mulai dari PAUD, SD, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan agar dapat proses pembelajaran di rumah selama pandemi lebih optimal. Itulah solusi mengatasi akun belajar.id yang belum aktif. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.