Easy With Knowledge

6 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh

6 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh
6 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh

Aman dan Wajib Dicoba

Buah untuk menurunkan kolesterol tingggi sangat beragam. Menurut penelitian, buah terbukti ampuh dan aman untuk menurunkan kadar kolesterol yang melonjak. Karenanya, buah wajib Anda coba untuk menurunkan kolesterol .

Buah-buahan ini dipercaya mengandung bahan degan sifat penurun kolesterol. Salah satunya adalah apel yang mengandung jumlah serat tertinggi dan memiliki serat larut tertentu yang disebut pektin.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti halnya penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 hingga tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sangat penting mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain apel, berikut daftar buah yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari Health, Jumat (27/5/2022). Baca Juga: Berikut 4 Bahan Jamu Penurun Kolesterol, Alami dan Pasti Manjur!

1. Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Buah ini juga tinggi antioksidan, kalium dan serat larut air yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

2. Kiwi

kiwi

Lihat Juga: Kolesterol Tinggi, Gejala Serius di Kaki yang Tandai Kondisi Fatal

Sama seperti jambu biji, kiwi juga kaya vitamin C. Serat larut air yang terkandung pada buah dengan identik rasa asam ini terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Tomat

tomat

Kaya akan vitamin dan mineral, tomat sangat baik untuk hidrasi tubuh dan merangsang sirkulasi darah, meningkatkan sel darah merah dan trombosit. Bahkan buah ini juga bisa membantu dalam melawan berbagai bentuk kanker.

Tomat juga berperan dalam mendetoksifikasi tubuh, mengurangi kolesterol, meningkatkan pencernaan, meningkatkan penglihatan serta memberikan bantuan dari berbagai masalah kulit. Baca Juga: Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Terbaik, Murah dan Banyak di Dapur

4. Jeruk

jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tak hanya baik untuk kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C pada buah warna oranye ini juga mampu mencegah penumpukan kolesterol jahat.

5. Alpukat

Baca Juga: Kolesterol Tinggi, Gejala Serius di Kaki yang Tandai Kondisi Fatal

Alpukat kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

6. Apel

alpukat

Alpukat kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

6. Apel

apel

Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, pektin dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. Apel bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan.

sumber: lifestyle.sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.