5 Ciri Ini, Ponsel Kamu Sedang Dibajak!

5 Ciri Ini, Ponsel Kamu Sedang Dibajak!

Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat modern. Hal ini menjadi alasan bagi para hacker mengincar dan mau membajak perangkat yang kamu guna.
Smartphone kini tak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi dan bertukar pesan saja. Smartphone kini juga digunakan untuk berbagai aktivitas. Misalnya saja untuk aktivitas keuangan bila aplikasi cell banking terpasang di ponsel kamu.

Berikut 5 tanda cellphone kamu kemungkinan dibajak oleh hacker jahat, seperti dikutip dari berbagai sumber,

1. Baterai Terkuras Habis

Jika menemukan baterai HP jadi boros padahal sudah sering diisi ulang, bisa jadi pertanda kamu telah dibajak. Presiden Psychsoftpc.com, Tim Lynch mengatakan spy ware pada telepon aktif sepanjang waktu dan menggunakan banyak daya dan menguras baterai.

“Jika Anda terus menerus mengalami kehilangan daya, kemungkinan Anda telah diretas,” ungkapnya. Jika kamu belum diretas dan masalah ini masih ada, mungkin ini jadi pertanda kamu perlu ponsel baru.

2. HP Jadi Panas

Ray Walsh, seorang pakar privasi virtual di ProPrivacy, mengatakan ponsel yang menjadi panas menjadi tanda jika information web digunakan lebih cepat dari biasanya.

“Jika konsumen menyadari terus melampaui batas information mereka, mungkin seseorang ‘membonceng’ sesinya,” ungkapnya.

3. Kinerja HP Memburuk

Kinerja ponsel menjadi lebih buruk jika mengalami peretasan. Misalnya loading sebuah laman menjadi lebih lambat atau crash. Menurut saran pakar keamanan dan CEO Safr.Me, Robert Siciliano, memperbaikinya bisa dengan mematikan ponsel. Lalu lihat apa yang terjadi selanjutnya.

“Ponsel yang telah dihacked biasanya tidak akan mati dengan benar atau tidak pernah dimatikan, meskipun telah melakukannya,” kata dia.

Perhatikan juga fungsi lain pada ponsel, misalnya mengirim dan menerima teks yang menjadi lambat. Bahkan melakukan panggilan telepon hingga memeriksa pesan suara yang menjadi lambat karena fungsi tersebut harusnya bisa dilakukan dengan cepat.

“Ini adalah yang paling mudah untuk dipahami, namun paling sulit di saat ini di era cyber karena semua orang terburu-buru dan melakukan banyak tugas dan tidak cukup memperhatikan untuk mengambil element halus ini,” jelas penulis dari Surviving a Cyberstalker, Alexis Moore.

4. Pesan Pop-up Spam

Webber menambahkan ponsel berhasil disusupi adanya pop-up spam atau screensaver aneh. Namun memang tidak semua pesan pop-up merupakan pertanda HP telah diretas.

“Meskipun tidak semua pop-up menunjukkan ponsel telah disusupi, jumlah pop-up yang semakin tinggi bisa menjadi tanda ponsel telah terinfeksi dengan bentuk malware yang disebut adware, yang memaksa perangkat melihat situs tertentu mendorong pendapatan melalui klik,” jelas Webber.

5. Hilang Sinyal

Direktur Keamanan dan Teknologi Informasi di Pensar Development, Kayne McGladrey mengatakan serangan tersebut disebut serangan nomor porting.

“Jika Anda merasa menjadi korban serangan pemindahan nomor, Anda harus segera menghubungi polisi dan memberi tahu mereka bahwa nomor ponsel Anda telah diporting dan Anda adalah korban pencurian identitas,” kata Kayne.

Dia mengatakan pengguna harus segera menghubungi operator seluler. Termasuk juga perlu menunjukkan pada operator soal laporan ke polisi untuk membuktikan telah menjadi korban pencurian identitas.

Baca: Aplikasi Android Ini Rampok Rekening Bank Kamu, Segera Delete

Leave a Reply

Your email address will not be published.