5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Akun WhatsApp yang Kena Sadap

5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Akun WhatsApp yang Kena Sadap

Penyadapan akun media sosial seperti WhatsApp mungkin saja dialami pengguna. Berikut cara mengamankan WhatsApp yang kena sadap.
Penyadapan WhatsApp sebenarnya cukup sulit dilakukan lantaran WhatsApp telah menerapkan keamanan enkripsi end-to-end untuk melindungi semua percakapan pengguna.

Meski pun demikan selalu ada celah bagi penyusup untuk melakukannya, mengingat banyak pengguna yang belum begitu paham soal pengamanan akun sehingga kerap tak sadar jika akunnya sedang kena sadap.

Hingga Penyadapan WhatsApp dilakukan dengan mengintip informasi dengan sengaja tanpa sepengetahuan pemilik akun. Namun tidak perlu khawatir, terdapat cara mengamankan akun WhatsApp agar yang disadap, berikut.

1. Lakukan logout Pada WhatsApp Web setelah digunakan

Dan Untuk menghindari penyadapan WhatsApp, pengguna bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun Anda lewat WhatsApp Web. Berikut cara mengeceknya:

Klik opsi titik tiga di kanan atas > klik WhatsApp Web > kemudian akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun Anda.

Jika kamu menemukan perangkat asing yang bukan milik Anda, segera lakukan logout dari semua perangkat. Ini juga bisa diterapkan setiap kali setelah menggunakan WhatsApp web.

2. Jangan Lupa Aktifkan verifikasi dua faktor
Cara untuk mengamankan akun WhatsApp selanjutnya dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor. Fitur ini adalah opsi untuk mengirimkan kode enam angka tiap pengguna masuk dengan nomor WhatsApp terdaftar ke perangkat baru.

Kode yang dimaksud berbeda dengan OTP. Cara ini digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun WhatsApp pengguna dan membajak lewat kode QR.

Klik opsi titik tiga di kanan atas
Setting > Account > Two Step Verification
Klik Enable
Masukkan enam kode rahasia yang dipilih
Masukkan e-mail untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

3. Aktifkan pemindai sidik jari
Agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun WhatsApp dan memindai kode QR untuk menyadap, Anda bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari. Dengan demikian, hanya Anda yang dapat mengakses WhatsApp.

Klik opsi titik tiga di kanan atas > Klik Privasi > Klik kunci sidik jari kemudian Aktifkan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk merekam sidik jari dan durasi penguncian: otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

4. Jangan Kunci layar akun WhatsApp
Cara lain mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap adalah mencoba opsi mengunci layar akun WhatsApp seperti yang tersedia di perangkat Android. Hal tersebut akan memastikan tidak ada orang lain yang bisa membuka akun WhatsApp Anda.

Dan Caranya sangat mudah, cukup buka Pengaturan > Privasi > lalu pilih opsi Kunci Layar. Kemudian ikuti instruksinya.

5. Lakukan Install ulang WhatsApp
Cara untuk mengamankan akun WhatsApp yang disadap selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang WhatsApp. Hal ini bisa diterapkan jika Anda terlanjur klik ‘OK’ saat ada peringatan untuk memindahkan akun.

Ketika akan melakukan instal ulang, sebaiknya tetap menggunakan nomor yang didaftarkan pada WhatsApp sebelumnya. Untuk Mendapatkan kode OTP WhatsApp Yang akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

dikutip dari:cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.