Easy With Knowledge

4 Bahaya Tidur Miring ke Kanan untuk Kesehatan

4 Bahaya Tidur Miring ke Kanan untuk Kesehatan
Ilustrasi tidur, mimpi. (Photo by Viki_B on Pixabay)
4 Bahaya Tidur Miring ke Kanan untuk Kesehatan

Pada setiap individu tentu memiliki posisi tidur favorit. Namun, banyak dari kita dengan mudah mengabaikan posisi tidur. Padahal posisi tidur memainkan peran besar dalam kualitas tidurmu, dan jika Anda bangun dengan lelah atau sakit, sudah waktunya untuk mengubah posisi tidurmu.

Tapi ternyata, beberapa posisi tidur akan lebih baik daripada yang lain, dan jika Anda terbiasa tidur miring ke kanan, Anda tampaknya perlu mengubah kebiasaanmu yang satu ini.

Meski tidur di sisi kanan lebih sehat untuk jantungmu, tapi posisi ini memiliki efek buruk daripada manfaatnya.

Untuk itu, ketahui bahaya tidur miring ke kanan untuk kesehatan, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (4/6/2022).

1. Membuat refluks asam Anda lebih buruk

Jika Anda mencoba mengilangkan rasa sakit maag yang mengganggu, maka membuat beberapa perubahan gaya hidup, seperti mengenakan pakaian longgar dan memilih olahraga ringan, bisa membantumu meredakan gejalanya.

Tapi jika Anda selalu tidur miring ke kanan, itu akan menyabotase semua upaya Anda, karena bisa memperuburuk kondisi yang ada.

Sesuatu yang sederhana seperti membalik ke sisi kirimu bisa membantumu mendinginkan perasaan terbakar di dadamu.

2. Mempengaruhi sirkulasi darah

Selain bermanfaat bagi pencernaanmu, tidur miring ke kiri bisa membantu jantungmu memompa darah lebih efisien.

Saat tidur miring ke kanan menyebabkan tekanan tubuh menabrak pembuluh darah, tidur miring ke kiri berpotensi meningkatkan aliran darah. Sirkulasi yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan juga bisa mencegah laba-laba yang membesar dan varises.

3. Bukan posisi tidur terbaik saat hamil

Saat perutmu semakin besar, semakin sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Saat Anda tidur miring ke kanan, itu akan membatasi aliran darah ke jantung dan bayimu.

Karena bayi sudah mendorong beberapa organ tubuh Anda ke atas, rasa tidak nyaman ini bisa membuatmu tidak bisa tidur dengan nyenyak.

4. Melukai hati

Karena hati terletak di sisi kanan tubuhmu, tidur di sisi ini memberi lebih banyak tekanan pada organ penting ini dan pada akhirnya bisa menyebabkan kemacetan hati.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk tidak tidur miring ke kanan secara teratur.

Posisi Tidur Terbaik

1. Tidur telentang

Meskipun tidur telentang bisa membantumu menjaga kulit bebas kerut lebih lama, tapi itu bukan posisi terbaik jika Anda mengalami nyeri punggung bawah karena bisa mempeburuk kondisi yang ada.

Dan jika pasanganmu terus mengeluh tentang mendengkur, tidur telentang bisa juga bukan posisi terbaik, karena bisa memperburuk apnea tidurmu juga.

Tapi jika Anda pernah terbangun dengan nyeri leher yang mengganggu, maka tidur telentang bisa membantu karena menjaga kepala, leher dan tulang belakangmu dalam posisi netral, membantu Anda mencegah sensasi pegal di area leher.

Tidur telentang juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

2. Tidur miring ke kiri

Tetap terhidrasi dan makan cukup serat pasti bisa bermanfaat bagi pencernaanmu, dan tidur miring ke kiri juga bisa membantu mengatur ususmu.

Baca Juga: Jangan Coba Tidur Dekat Stop kontak Dinding ini Bahayanya

Saat Anda tidur miring ke kiri, grativitasi mendorong pergerakan usus yang normal, membantu Anda pergi ke kamar mandi di pagi hari.

Selain menghilangkan sembelit, tidur miring ke kiri dianggap paling bermanfaat bagi kesehatanmu dan bisa meredakan sakit punggung.

3. Tidur tengkurap

Meskipun tidur tengkurap bisa mengurangi dengkuran, namun memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan posisi tidur lainnya.

Karena mengganggu posisi netral tulang belakangmu, tidur tengkurap bisa menyebabkan nyeri punggung, leher dan bahu, dan bahkan bisa menyebabkan kulitmu menua lebih cepat.

sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.