Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) di Ethereum: Masa Depan Keuangan?

1 min read

Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) di Ethereum: Masa Depan Keuangan

Keuangan Terdesentralisasi, atau singkatnya “DeFi”, telah mengambil alih dunia crypto dan blockchain. Namun, kebangkitannya baru-baru ini menutupi akarnya di era gelembung 2017. Sementara semua orang dan antek mereka melakukan “Penawaran Koin Awal” atau ICO, beberapa perusahaan melihat potensi blockchain jauh melampaui kenaikan harga yang cepat. Para pionir ini membayangkan sebuah dunia di mana aplikasi keuangan mulai dari perdagangan, tabungan, perbankan, hingga asuransi, semuanya dapat dilakukan hanya di blockchain tanpa perantara.

Untuk memahami potensi revolusi ini, bayangkan jika Anda memiliki akses ke rekening tabungan yang menghasilkan 10% per tahun dalam USD tetapi tanpa financial institution dan praktis tanpa risiko dana. Bayangkan Anda dapat menukar asuransi tanaman dengan seorang petani di Ghana yang duduk di kantor Anda di Tokyo. Bayangkan bisa menjadi pembuat pasar dan mendapatkan bayaran sebagai persentase yang diinginkan oleh setiap Citadel. Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Hal ini tidak. Masa depan ini sudah ada di sini.

Blok bangunan DeFi

Ada beberapa blok bangunan dasar DeFi yang harus Anda ketahui sebelum kita melanjutkan:

Pembuatan pasar otomatis atau pertukaran satu aset dengan aset lain tanpa kepercayaan tanpa perantara atau lembaga kliring.
Pinjaman dengan jaminan berlebihan atau kemampuan untuk “menggunakan aset Anda” untuk pedagang, spekulan, dan pemegang jangka panjang.
Stablecoin atau aset algoritmik yang melacak harga yang mendasarinya tanpa dipusatkan atau didukung oleh aset fisik.
Memahami bagaimana DeFi Dibuat
Stablecoin sering digunakan di DeFi karena mereka meniru mata uang fiat tradisional seperti USD. Ini adalah perkembangan penting karena sejarah crypto menunjukkan betapa mudahnya hal-hal itu. Stablecoin seperti DAI dirancang untuk melacak nilai USD dengan penyimpangan kecil bahkan selama pasar bearish yang kuat, yaitu bahkan jika harga crypto jatuh seperti pasar bearish 2018-2020.

Protokol peminjaman adalah perkembangan menarik yang biasanya dibangun di atas stablecoin. Bayangkan jika Anda dapat mengunci aset Anda senilai satu juta dolar dan kemudian meminjamnya dalam stablecoin. Protokol akan secara otomatis menjual aset Anda jika Anda tidak melunasi pinjaman saat agunan Anda tidak lagi mencukupi.

Pembuat pasar otomatis membentuk dasar dari seluruh ekosistem DeFi. Tanpa ini, Anda terjebak dengan sistem keuangan warisan di mana Anda perlu mempercayai dealer atau clearinghouse atau pertukaran Anda. Pembuat pasar otomatis atau singkatnya AMM memungkinkan Anda menukar satu aset dengan aset lainnya berdasarkan cadangan kedua aset di kumpulannya. Penemuan harga terjadi melalui arbitrase eksternal. Likuiditas dikumpulkan berdasarkan aset orang lain dan mereka mendapatkan akses ke biaya perdagangan.

Anda sekarang dapat memperoleh eksposur ke berbagai macam aset semua dalam ekosistem Ethereum dan tanpa harus berinteraksi dengan dunia keuangan tradisional. Anda dapat menghasilkan uang dengan meminjamkan aset atau menjadi pembuat pasar.

Bagi negara berkembang, ini adalah inovasi yang luar biasa karena sekarang mereka memiliki akses ke rangkaian lengkap sistem keuangan di negara maju tanpa hambatan untuk masuk.

Ini Dia Rahasia Cara Mining Bitcoin Gratis

Mata uang kripto menjadi semakin populer tahun-tahun belakangan ini. Harga bitcoin sebagai jenis aset kripto terpopuler pun pernah mencapai rekor tertinggi sekitar 53.000 euro....
admin
3 min read

Cara Kerja Mata Uang “Crypto”

“Crypto” – atau “mata uang kripto” – adalah jenis sistem perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas transaksional kepada pengguna melalui Internet. Fitur terpenting dari sistem...
admin
2 min read

Pertunjukan Crypto Wild West Berlanjut

Berikut adalah pertanyaan yang sering muncul: Bagaimana saya memilih mata uang kripto mana yang akan diinvestasikan – bukankah semuanya sama? Tidak ada keraguan bahwa...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *