Radio HD vs Radio Satelit

2 min read

Radio HD vs Radio Satelit

Apa sebenarnya radio HD itu dan bagaimana perbandingannya dengan Radio Satelit?

Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan jumlah iklan yang mempromosikan hal baru yang belum pernah Anda dengar sebelumnya: Radio HD. Mereka mengatakan Anda dapat mendengar “konten yang belum ditemukan” dan audio berkualitas digital. Anda mungkin bahkan mendengar bagian terbaik dari keseluruhan iklan, “Tidak ada biaya berlangganan!”

Biarkan saya membantu Anda belajar sedikit tentang HD Radio. Saya akan mencoba membuatnya tetap sederhana untuk memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan dengan istilah teknis sesedikit mungkin.

HD BUKAN Definisi Tinggi

Pertama, Anda mungkin pernah mendengar tentang HDTV dan jika Anda belum pernah mendengarnya, saya kira Anda tinggal di gua. HD Radio tidak sama dengan HDTV. HD dalam HDTV adalah singkatan dari High Definition. Jangan salah mengartikan ini sebagai HD Radio karena HD dalam konteks ini berarti Hybrid Digital.

Namun, ini memberikan transmisi radio yang jauh lebih baik daripada sinyal radio standar. Beberapa stasiun radio HD mengirimkan sinyal audio virtual 5.1 Surround Sound, memungkinkan Anda menikmati pengalaman seperti konser yang sesungguhnya. Anda dapat yakin bahwa lebih banyak stasiun akan memilih mode transmisi ini di masa mendatang.

Digital dan Sub-Saluran

HD Radio memungkinkan berbagai stasiun radio untuk menyiarkan informasi virtual melalui frekuensi FM atau AM. Selain itu, transmisi virtual ini dapat dikirim pada banyak sub-saluran, memungkinkan sekitar tiga stasiun per frekuensi. Ini akan melipatgandakan jumlah stasiun yang berpotensi Anda dengarkan di Radio HD. Apa yang akan terlihat seperti di layar, Anda bertanya?

Umumnya, radio AM/FM standar akan menampilkan berikut ini: FM 104.7

Pada Radio HD, ini akan ditampilkan sebagai: FM 104.7 HD-1 atau 104.7 HD-2 (dengan setiap HD-X menunjukkan sub-saluran)

Pada tahun 2007, kualitas sinyal dilaporkan mendekati kualitas audio CD pada saluran FM, yang merupakan lompatan besar dalam industri radio. Namun, sangat tidak mungkin bagi frekuensi AM untuk mengalami peningkatan ini karena AM beroperasi pada pita yang jauh lebih kecil. Anggap saja sebagai selang. Selang taman yang lebih kecil tidak dapat mengalirkan air sebanyak selang pemadam kebakaran; dan sayangnya, AM adalah selang taman yang lebih kecil.

Kemajuan dalam Teknologi Digital

Ada laporan dan keluhan pada tahap awal HD Radio (2006) tentang statis dan interferensi saat menyetel saluran HD ini. Namun, teknologi telah maju secara signifikan dalam dua tahun terakhir dan telah meningkatkan kualitas sinyal dan isolasi. Jangan terlalu khawatir tentang kehilangan kualitas kecuali Anda berada di saluran AM.

Anda mungkin juga pernah mendengar bahwa FCC (Federal Communications Commission) memulai proses pembuatan transmisi radio dan televisi analog yang sudah usang. Apa artinya ini bagi Anda? Anda dapat yakin bahwa hanya perbaikan yang akan dilakukan. Sayangnya ini berarti bahwa sebagian besar radio AM/FM standar akan menjadi usang dalam beberapa tahun ke depan, mungkin memaksa Anda untuk membeli Radio HD baru untuk kendaraan atau rumah Anda.

Perbandingan dengan Radio Satelit

Harga

Satelit memerlukan biaya berlangganan bulanan ($10-$15/bulan), biaya aktivasi, dan biaya pembatalan jika Anda membatalkan sebelum kontrak Anda berakhir (jika Anda mendaftar untuk berlangganan kontrak “dikurangi”). Untuk menerima sinyal Radio Satelit (baik Sirius atau XM), Anda memerlukan antena khusus dan radio satelit yang memiliki tuner satelit built-in atau hanya satelit biasa yang siap tanpa tuner built-in (tuner masih diperlukan dan dijual terpisah ). Harapkan untuk menghabiskan antara $150-$300 untuk peralatan saja, tergantung pada apa yang Anda butuhkan (tuner atau antena tambahan, dll.)*

Radio HD benar-benar gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk receiver itu sendiri. Sama seperti Radio Satelit, Anda bisa mendapatkan HD Tuner built-in di receiver in-dash atau Anda bisa mendapatkannya secara terpisah (jika Anda sudah memiliki head unit HD Ready). Keduanya jauh lebih terjangkau, dengan biaya antara $100-$200 total*.

*Perhatikan bahwa ini adalah generalisasi minimum dan tidak mempertimbangkan fitur tambahan yang mungkin Anda inginkan dengan radio Anda (yaitu Bluetooth, dukungan USB, enter Aux 3.5mm, navigasi, dll.). Mereka juga tidak mempertimbangkan tenaga kerja dan suku cadang karena setiap kendaraan bervariasi.

Kualitas dan Cakupan

Keunggulan Radio Satelit adalah jangkauannya. Anda dapat berkendara dari Los Angeles ke New York City sambil mendengarkan stasiun yang sama persis sepanjang perjalanan. Radio satelit cenderung juga mengkhususkan diri pada stasiun mereka lebih dari stasiun HD. Misalnya, ada saluran khusus untuk komedi atau olahraga. Radio satelit juga komersial free of charge karena Anda membayar untuk itu.

Radio HD berfokus pada lokal. Anda menyetel di stasiun metropolitan lokal dan tidak akan memiliki cakupan yang sama dengan Satelit seperti yang dicontohkan di atas. Meskipun stasiun HD jauh lebih seperti stasiun radio non-khusus pada umumnya, ada kemungkinan bahwa mereka dapat melakukan hal serupa untuk

Tips Memilih Platform Hosting Web Bisnis Terbaik

Apakah Anda berpikir untuk membawa bisnis Anda ke lebih banyak pelanggan potensial daripada hanya terbatas pada dinding toko? Situs internet adalah cara tercepat dan...
admin
1 min read

Panduan Pemula untuk Memiliki Cryptocurrency Bitcoin

Bitcoin Cryptocurrency berdengung di seluruh dunia, apakah Anda berada di web atau media apa pun. Ini adalah salah satu hal paling menarik dan paling...
admin
1 min read

7 Perbaikan Utama yang Dilakukan pada Teknologi Drone

Sejak teknologi drone diperkenalkan di pasar, ia telah menangkap imajinasi orang-orang dari berbagai sektor. Dari angkatan bersenjata hingga bisnis actual estat hingga olahraga, drone...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *