Teknologi 5G

3 min read

teknolgi 5G

Masa depan tergantung pada kemampuan kita untuk lebih terhubung. Untuk terus bersaing dengan pesatnya perkembangan gadget terkini, permintaan tinggi untuk video definisi tinggi, dan berbagai kebutuhan pengguna internet lainnya di seluruh dunia, Jaringan seluler 5G yaitu teknologi koneksi nirkabel generasi kelima keunggulan yang menjanjikan dalam hal kecepatan dan kualitas.

Teknologi 5G ini menjanjikan pengguna dengan kecepatan hingga 10 gigabit per detik di ujung jari Anda. Ini adalah 100 kali kecepatan teknologi 4G yang digunakan di ponsel saat ini. Artinya, pengguna dapat mengunduh satu film definisi tinggi 4K hanya dalam 25 detik, dan juga dapat menjelajahi banyak video secara bersamaan. Jadi dalam video hari ini, kita akan melihat bagaimana 5G mengubah dunia 5G adalah jaringan seluler generasi ke-5. Ini adalah standar nirkabel global terbaru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. 5G adalah jaringan seluler terbaru yang dibuat dibuat untuk memungkinkan lebih banyak orang terhubung

termasuk dengan peralatan, mesin, dan benda. Teknologi nirkabel 5G dirancang untuk memungkinkan transmisi data yang lebih besar ‘multi-Giga byte per detik’. Ini memiliki fitur latensi rendah untuk mempersingkat waktu transmisi informasi, lebih dapat diandalkan, atau dapat dipercaya, kemampuan jaringan yang sangat besar kemampuan jaringan , dan lebih banyak keseragaman untuk pengguna jaringan .

Performa dan efisiensi tinggi setinggi ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan akan menghubungkan banyak industri baru. Efisiensi koneksi internet seluler melalui 5G membuat tingkat konsumsi energi lebih rendah pada perangkat. Teknologi 5G tidak diciptakan hanya oleh satu perusahaan atau individu, tetapi ada beberapa perusahaan telekomunikasi yang bersatu mengembangkan teknologi 5G. Korea Selatan, Amerika Serikat, dan China adalah negara terdepan dalam pengembangan dan adopsi teknologi 5G. Operator komunikasi terkenal dunia seperti AT&T inc., KT Corp, Huawei dan China Mobile adalah salah satu perusahaan yang berlomba untuk mendominasi industri.

Dalam 40 tahun sebelumnya, teknologi yang dibawa bersama dengan penggunaan ponsel adalah yang paling berdampak dan mengubah cara hidup konsumen. Jaringan 2G pada tahun 1991, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan mengirim pesan. Misalnya pada ponsel Nokia 3310. Jaringan 3G pada tahun 1998, penggunaan internet seluler nirkabel sangat terbatas, penggunaan internet seluler nirkabel . Jaringan 4G pada tahun 2008, penggunaan internet broadband tersebar luas. Jaringan 4G / LTE pada tahun 2009, menggandakan kecepatan internet. Dan sekarang, jaringan 5G, memperluas penggunaan broadband ke Internet of Things / IoT ‘. Kemampuan jaringan nirkabel 5G ini akan berpotensi

merevolusi aplikasi melampaui penggunaan hanya di ponsel atau perangkat seluler. Teknologi 5G juga akan diterapkan dalam kecerdasan buatan (AI), dan IoT yang akan menguntungkan semua orang. Dengan kemampuan kecepatan tinggi, lebih stabil, dan latensi rendah (1 milidetik), 5G akan mengembangkan ekosistem seluler menjadi dimensi baru. 5G akan berdampak pada banyak industri; seperti sistem transportasi yang lebih aman, perawatan kesehatan jarak jauh, sistem pertanian yang efisien, sistem logistik digital dan lainnya akan menjadi kenyataan. Ketika kata ‘Internet of Things / IoT’ diperkenalkan pada tahun 1999, itu

hanya sebuah konsep. 20 tahun kemudian, 5G dan Internet of Things (IoT) menjadi kenyataan. Ini melibatkan perluasan konektivitas Internet di luar perangkat standar seperti komputer dan smartphone hingga perangkat lain. Pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan, pertunjukan drone besar-besaran dengan 1.218 drone yang terhubung bersama melalui teknologi 5G. Ini pertama kalinya kemampuan teknologi 5G didemonstrasikan ke publik.

Dampak pertama dan paling terlihat dari teknologi 5G 

ini adalah peningkat layanan internet kepada pengguna perangkat seluler seperti ponsel. Semua penyedia jaringan seluler akan menggabungkan teknologi 5G untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Tidak ada lagi buffering untuk video definisi tinggi .

Dengan kemampuan jaringan yang besar, tidak ada lagi masalah dengan jalur internet yang lambat karena banyak pengguna, dan pengguna juga dapat membuat banyak aktivitas sekaligus. Saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan teknologi 5G seperti Iphone 12, Huawei Mate 30 Pro, Oppo Reno4 Pro 5G, dan Samsung Galax Note 20.

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) membutuhkan pengumpulan dan pemrosesan data yang sangat besar dan cepat, oleh karena itu jaringan 5G dapat menghubungkan data dengan cepat dan bisa digabungkan dengan AI. Misalnya, kemampuan pemrosesan data bantuan teknologi 5G oleh AI dan dapat mengirim data dari perangkat ke pusat penyimpanan secara real time atau real time.

Sebelumnya, para ilmuwan menghadapi kesulitan saat sistem (AI) dan robotika yang digunakan untuk mengemudikan kendaraan menghadapi penundaan transmisi data dan tidak bisa dipraktekkan secara luas. Untuk penggemar video game, Teknologi 5G memungkinkan mereka mengakses internet berkecepatan tinggi dalam waktu nyata tanpa masalah. Mereka dapat membuat ‘live streaming’ untuk video game definisi tinggi di mana saja selama dapat mengakses data di pusat penyimpanan data. VR juga menekankan waktu respons yang cepat untuk memberikan pengalaman yang realistis. Aplikasi Virtual Reality ini diharapkan semakin maju dengan tersedianya teknologi 5G.

Untuk mengembangkan jaringan baru itu mahal, oleh karena itu pemasok akan menaikkan harga kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Teknologi 5G akan dikembangkan dari nol daripada perbaikan jaringan sebelumnya, oleh karena itu membutuhkan biaya yang tinggi. Pemerintah akan memutuskan bagaimana teknologi 5G akan disediakan, karena

kebutuhan infrastruktur baru yang akan dibangun untuk jaringan ini seperti antena, dan stasiun kendali pusat. Selain itu, ada masalah seperti regulasi radiasi, berbagi infrastruktur, dan keamanan dunia maya perlu dipatuhi. Dengan kemampuan teknologi 5G untuk mensuplai data dengan sangat cepat, kemampuan berkomunikasi semakin meningkat.

Penyedia layanan harus dapat menjamin keamanan data dan privasi pelanggan. Pengguna juga harus menyadari masalah ini dan lebih berhati-hati untuk mencegah kebocoran data serta lainnya. Sekaligus mampu memberikan kecepatan internet yang mengesankan dan menyertakan lebih banyak pengguna, itu tidak memberikan jangkauan sebanyak jaringan 4G, oleh karena itu membutuhkan lebih banyak infrastruktur untuk dibangun.

Kesimpulan

Pengguna jaringan 4G sekarang menyatakan masalah utamanya adalah cakupan yang terbatas dan kecepatan internet yang lebih rendah terutama di daerah padat. Teknologi 5G yang lebih pintar akan mampu memberikan pengalaman baru bagi pengguna untuk mengakses lebih banyak informasi dengan sangat cepat, dan sedang dikembangkan di lebih dari 35 negara termasuk Malaysia. Ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan komunikasi seluler melalui inovasi, selain menciptakan industri baru yang membawa keuntungan besar untuk seluruh perekonomian negara. Namun, belum pasti kapan akses 5G akan tersedia untuk banyak pengguna.

Tips Memilih Platform Hosting Web Bisnis Terbaik

Apakah Anda berpikir untuk membawa bisnis Anda ke lebih banyak pelanggan potensial daripada hanya terbatas pada dinding toko? Situs internet adalah cara tercepat dan...
admin
1 min read

Panduan Pemula untuk Memiliki Cryptocurrency Bitcoin

Bitcoin Cryptocurrency berdengung di seluruh dunia, apakah Anda berada di web atau media apa pun. Ini adalah salah satu hal paling menarik dan paling...
admin
1 min read

Radio HD vs Radio Satelit

Apa sebenarnya radio HD itu dan bagaimana perbandingannya dengan Radio Satelit? Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan jumlah iklan yang mempromosikan hal baru yang belum...
admin
2 min read

One Reply to “Teknologi 5G”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *