Tips Menjadi Digital Nomad

2 min read

Tips Menjadi Digital Nomad

Dengan semakin pesatnya dunia virtual saat ini membuat semuanya berubah, termasuk dalam hal bekerja. Jika kamu pernah melihat seseorang yang asik bekerja di sebuah tempat wisata entah itu di pantai atau di tempat lainnya, mereka adalah para virtual nomad yang sedang bekerja sambil menikmati alam.

Profesi ini terlihat seperti pekerjaan idaman bagi semua orang. Namun, apakah semudah itu menjadi virtual nomad? Apa saja jenis pekerjaan yang bisa dilakukan? Yuk simak penjelasan berikut mengenai pengertian virtual nomad dan ideas menjadi virtual nomad.

Pengertian

Digital nomad adalah istilah bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Istilah nomad itu sendiri berasal dari kata ‘nomaden’, alias berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Seorang virtual nomad dapat bekerja kapanpun tanpa perlu pusing memikirkan bangun pagi dan bekerja sampai malam. Digital nomad pun juga tidak perlu setiap hari datang ke kantor karena mereka dapat bekerja di mana saja seperti perpustakaan, espresso shop, rumah bahkan mungkin di pantai. Hal yang terpenting bagi mereka adalah jaringan internet.

Macam-macam pekerjaan virtual nomad

Sebagai seorang virtual nomad, Anda harus bisa mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan Anda dan bersifat freelance atau remote. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem distant dengan berbagai posisi pekerjaan, khususnya perusahaan startup. Anda bisa mencari lowongan kerja pada perusahaan yang fokus di dunia digital.

Beberapa pekerjaan virtual nomad freelancer adalah sebagai internet programmer, penulis lepas, atau admin media sosial. Bisa juga seorang profesional yang bekerja secara mandiri dengan cara membuka jasa akuntan, konseling atau bantuan hukum lainnya juga bisa dikatakan sebagai virtual nomad.

Selain itu, pekerjaan lainnya adalah entrepreneur yang menjual produk virtual kemudian mereka yang menggunakan dunia virtual untuk berkarya, seperti Youtuber atau Selebgram.

Beberapa jenis pekerjaan seperti freelance atau distant bisa Sobat dapatkan melalui situs lowongan pekerjaan on-line yang saat ini sudah banyak tersedia atau di situs khusus freelance. Bahkan Anda bisa membuat pekerjaan sendiri berdasarkan kemampuan Anda. terlebih lagi, saat ini banyak peluang untuk memperoleh uang dari internet.

Tips sukses menjadi virtual nomad

Menjadi seorang virtual nomad pastinya memiliki tantangan tersendiri untuk menjalani profesi ini, perlu kesabaran dan juga usaha. Namun bukan tidak mungkin bisa sukses sebagai virtual nomad, asalkan kamu mau berusaha.  Buat kamu yang tertarik menjadi virtual nomad yang sukses. Yuk simak tips-tips berikut ini:

  • Pilih talent yang kamu kuasai

Kemampuan atau talent adalah modal utama untuk menjadi virtual nomad. Pilih suatu bidang yang kamu kuasai, bidang tersebut nantinya menjadi keahlian utama yang kamu tawarkan kepada klien. Misalnya jika suka mendesain, kamu bisa fokus untuk mengasah talent desain untuk menjadi desainer grafis.

  • Bangun portofolio yang profesional

Membangun Portofolio yang baik akan mempermudah kamu untuk sukses menjadi virtual nomad. Portofolio adalah tempat  untuk kamu menyampaikan seluruh karya yang pernah kamu buat yang kemudian kamu bisa pakai untuk melamar ke perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas. Kumpulkan karya atau hasil kerja terbaikmu dan susun portofolio sebaik mungkin agar terlihat profesional.

  • Membuat rencana kerja

Sebagai virtual nomad, kamu memiliki jam kerja yang fleksibel, untuk itu pentingnya membuat rencana kerja. Memiliki rencana kerja sangat membantu untuk mengorganisir antara pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Pekerjaan jadi bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

  • Manfaatkan media virtual secara maksimal

Sebagaimana di zaman serba virtual saat ini, kamu memanfaatkannya dengan baik untuk private branding dan membangun reputasi. Misalnya saja melalui social media, kamu membangun branding tentang kemampuan yang kamu kuasai.

  • Membagi waktu bekerja dan bersantai

Kalau sebagai karyawan yang mana pada umumnya dituntut untuk berada di kantor dan bekerja di jam tertentu, maka ini berbeda halnya dengan virtual nomad. Sebagai virtual nomad kamu harus mengatur sendiri antara waktu untuk bekerja dan bersantai.  Untuk tenggat waktu pekerjaan tentu ada, hanya saja jam bekerja tidak diatur oleh perusahaan. Asalkan sanggup memenuhi tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan diberikan. Untuk itu penting membuat rencana kerja agar pekerjaan tidak terbengkalai.

  • Siapkan Tabungan

Menjadi seorang virtual nomad memiliki penghasilan yang tidak pasti. Untuk itu, kamu harus menyiapkan tabungan yang cukup agar bisa menjalankannya. Bila di suatu saat kamu memperoleh pekerjaan yang bayarannya tinggi, sebagian dari dana bayaran tersebut harus disiapkan untuk tabungan. Sehingga jika suatu waktu kamu belum memiliki pekerja, kamu masih memiliki dana yang lebih untuk bisa bertahan hidup.

Tips Memilih Platform Hosting Web Bisnis Terbaik

Apakah Anda berpikir untuk membawa bisnis Anda ke lebih banyak pelanggan potensial daripada hanya terbatas pada dinding toko? Situs internet adalah cara tercepat dan...
admin
1 min read

Panduan Pemula untuk Memiliki Cryptocurrency Bitcoin

Bitcoin Cryptocurrency berdengung di seluruh dunia, apakah Anda berada di web atau media apa pun. Ini adalah salah satu hal paling menarik dan paling...
admin
1 min read

Radio HD vs Radio Satelit

Apa sebenarnya radio HD itu dan bagaimana perbandingannya dengan Radio Satelit? Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan jumlah iklan yang mempromosikan hal baru yang belum...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *