Daftar Lengkap Pangkat dan Golongan PNS Terbaru 2021

1 min read

sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki banyak peminat. Bila Anda salah satunya, Anda perlu tahu bahwa setiap PNS punya tugas sesuai pangkat golongan dan jabatan masing-masing.

Pangkat golongan PNS dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan calon PNS (CPNS) dan berpengaruh pada besaran gaji yang akan diterima. Lantas, bagaimana pembagian pangkat golongan? Berapa kisaran gaji PNS?

Pangkat Golongan PNS Tahun 2021

Tidak ada perubahan dalam pembagian pangkat golongan antara tahun 2021 dan tahun-tahun sebelumnya. Pangkat dan golongan PNS pada tahun ini terdiri atas:

  • Golongan I, berpangkat Juru
  • Golongan II, berpangkat Pengatur
  • Golongan III, berpangkat Penata
  • Golongan IV, berpangkat Pembina

Setiap golongan diurutkan ke dalam four ruang kerja, kecuali Golongan IV yang memiliki 5 ruang kerja. Secara lengkap, pangkat golongan PNS diatur sebagai berikut dengan kisaran gaji setiap golongan:

  • Golongan I

  • Golongan II

Golongan II

  • Golongan III

Golingan 2

  • Golongan IV

golongan 3

Kenaikan Pangkat Golongan PNS

Peraturan resmi mengenai jenjang karier PNS tercantum jelas dalam undang-undang kepegawaian, meliputi pendidikan dan pelatihan, promosi, dan kenaikan pangkat. Setiap golongan punya peluang untuk naik ke golongan yang lebih tinggi, sebagai penghargaan atas prestasi dan pengabdian terhadap negara. Kenaikan pangkat ini dibagi menjadi tiga jenis:

  • Kenaikan pangkat reguler: Diberikan kepada PNS yang ditentukan tanpa terikat jabatan.
  • Kenaikan pangkat pilihan jabatan struktural: Diberikan kepada PNS pada unit dinas tertentu.
  • Kenaikan pangkat pilihan jabatan fungsional: Diberikan kepada PNS yang punya tugas fungsional tertentu.

Syarat ketiganya adalah sekurang-kurangnya telah four tahun menduduki pangkat terakhir. Penilaian prestasi kerjanya adalah nilai baik dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) setidaknya dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Jadi Pilih Mana, Karyawan atau Pengusaha?

Tingkat Pendidikan CPNS

Pendidikan mempengaruhi pangkat golongan PNS dan jabatan awal. Bagi lulusan SD dan SMP, Anda akan memulai karier sebagai PNS golongan I. Lulusan SMA sederajat, DIII dan Akademi akan memulai sebagai PNS golongan II. Sedangkan yang lulus S2 dan S3 akan memulai sebagai PNS golongan III.

Selain berpengaruh pada posisi awal dan golongan, pendidikan terakhir juga menentukan posisi tertinggi yang bisa dicapai. Lulusan SD, contohnya, hanya bisa naik hingga golongan II A. Selengkapnya, simak tabel berikut ini:

Golongan 4

Kesimpulan

Nah, informasi pembagian pangkat golongan PNS di atas bisa membantu Anda mendapat gambaran tentang profesi PNS, mulai dari syarat pendidikan terakhir, penempatan golongan, hingga kisaran gaji. Bila ingin mengikuti seleksi CPNS, tentukan aim Anda dan siapkan diri sebaik mungkin.

Tips Menjadi Digital Nomad

Dengan semakin pesatnya dunia virtual saat ini membuat semuanya berubah, termasuk dalam hal bekerja. Jika kamu pernah melihat seseorang yang asik bekerja di sebuah...
admin
2 min read

4 Lowongan Kerja untuk Lulusan SMK Bulan Oktober Sampai…

Bursa Kerja Khusus (BKK) Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membagikan empat lowongan kerja khusus lulusan SMK....
admin
1 min read

Ini Ketentuan Nilai SKD CPNS 2021 untuk Lolos Passing…

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), peserta CPNS harus memenuhi bobot passing grade agar dapat dinyatakan lolos. Untuk itu, penting mengetahui nilai SKD CPNS dan...
admin
52 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *