Cara Memilih Tripod Berkualitas Bagi Pemula

1 min read

Cara Memilih Tripod Berkualitas Bagi Pemula
Ilustrasi Tripod. Foto: Shutter Stock

Ada beberapa aksesori pelengkap yang sangat penting menunjang kegiatan kita dalam fotografi, salah satunya adalah tripod. Ia berperan untuk mendapatkan attitude yang bagus dan hasil foto yang stabil dalam segala kondisi pencahayaan.
Ada berbagai jenis tripod yang dijual di pasaran. Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Kualitasnya jelas berbeda, meski sekilas tripod terlihat sama. Ada beberapa komponen yang membedakannya, seperti bahan, bobot, dan daya topang beban si tripod tersebut.
Jika tidak diteliti sebelum membeli, bisa-bisa tripod yang kalian beli tidak sesuai keinginan sehingga lebih cepat rusak, patah, dan bahkan membuat kamera kalian juga rusak karena terjatuh saat menggunakannya.
Berikut adalah beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan sebelum kalian membeli tripod.

1. Beban Tripod

Beban Tripod
Tripod menopang kamera dan lensa tele. Foto: Shutter Stock

Sebelum membeli kita harus mengetahui berapa kekuatan tripod tersebut bisa menopang beban. Kita juga harus mengecek complete berat kamera dan lensa yang biasa digunakan.

Faktor ini sangat penting karena jika tripod yang kita beli ternyata tidak sesuai, justru bisa patah dan menjatuhkan kamera serta lensa milik kalian.
Usahakan memilih tripod yang mampu menopang lebih dari sekedar lensa dan kamera, karena bisa saja nanti kalian improve kamera atau menambah aksesori seperti flash atau baterai grip di kamera.

2. Kaki Tripod

Beban Tripod
Ilustrasi Tripod. Foto: Shutter Stock

Bagian kaki tripod umumnya hadir dengan dua bentuk desain. Ada yang berbentuk tabung dan pipa.
Kaki tripod juga ada yang terbuat dari serat karbon yang memiliki sistem kunci twist untuk mengamankan kaki. Sedangkan tripod alumunium, kakinya dilengkapi dengan baja yang didesain dengan bentuk flip-lock.

Beberapa kaki tripod juga ada yang terdiri dari tiga atau lima kaki, tergantung pada ketinggian maksimum tripod. Semakin banyak bagian biasanya membuatnya jadi kurang stabil.
Jika memiliki niat membeli tripod yang canggih, kalian juga bisa mengganti ujung kakinya dengan bahan karet, plastik, atau paku logam yang memiliki kinerja berbeda dan dapat digunakan di segala medan.

3. Kepala tripod

Kepala Tripod
Ilustrasi Tripod. Foto: Shutter Stock

Bagian kepala tripod adalah salah satu yang terpenting dari sistem tripod.

Bagian tersebut menjadi penting karena memiliki peranan besar untuk mengamankan, mengaitkan kamera dan mengatur gerakan kamera. Ketika memilih kepala tripod, selalu pastikan ball head dapat dengan leluasa diubah posisinya sehingga pemotretan jadi lebih gampang pada berbagai kondisi.

4. Tinggi Tripod

Tinggi Tripod
Ilustrasi Tripod. Foto: Shutter Stock

Berikutnya adalah ketinggian tripod. Carilah tripod yang cocok dan sesuai dengan tinggi badan kalian agar memudahkan saat melihat di viewfinder (jendela bidik) kamera. Usahakan posisi jendela bidik harus sesuai dengan tingkat mata kalian.
Di sisi lain, fleksibilitas tripod juga harus dipertimbangkan agar mudah saat dibawa saat perjalanan.

5. Berat Tripod

Berat Tripod
Ilustrasi Tripod berbahan serat karbon. Foto: Shutter Stock

Berat dari sebuah tripod memiliki peran penting, hal ini perlu diperhatikan agar saat perjalanan kita tidak direpotkan dengan beban dari tripod yang kalian miliki.

Ada baiknya kalian mempertimbangkan tripod yang terbuat dari bahan serat karbon. Bahan serat karbon memiliki berat yang ringan, tahan lama, tidak mudah berkarat, juga lebih stabil.
Bahan yang terbuat dari alumunium juga bisa jadi pilihan walaupun sedikit lebih berat dari serat karbon.

Sumber : kumparan.com/kumparantech

Harga dan Spesifikasi Google Pixel 6 vs Google Pixel…

Lini Google Pixel 6 , kendati tidak masuk Indonesia, mencuri perhatian dunia karena fitur-fitur barunya, juga chip Tensor yang dikembangkan sendiri oleh Google. Lantas,...
admin
2 min read

Segera Hapus dari HP Anda,Berikut Ini Daftar 25 Aplikasi…

Malware atau malicious tool merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang bisa ditemukan di ponsel Android. Malware di Android bekerja dengan cara menyusup ke...
admin
1 min read

Semakin Aman, Dana Hadirkan Fitur Teknologi Pengenalan Wajah

Dompet virtual Dana terus mendorong penggunanya untuk melakukan proses verifikasi recognise your buyer (KYC) dan menjadi pengguna premium. Langkah ini demi keamanan information dan...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *