Cara Instal Ulang windows Tanpa Kehilangan Data. Windows Cannot Be Installed To This Disk

1 min read

[Solved] Cara Instal Ulang Laptop ” Windows Cannot Be Installed To This Disk, The Selected Disk Is Of The GPT Partition Style. “, Tanpa Kehilangan Data. Hal ini saya temui beberapa kali di Laptop dengan tipe BIOS UEFI. Dalam BIOS biasanya kita temui 2 mode yaitu Legacy dan UEFI. Namun disini saya tidak akan membahas keduanya. Saya akan membahas tentang mode bios tersebut. Permasalahan disini adalah saat kita instal ulang pc computer muncul permasalahan ” Windows Cannot be Installed to Disk 0 Partition 1. ” hal ini terjadi karena layout disk adalah GPT. Agar dapat melanjutkan proses instalasi ini anda harus mengubah layout disk dari GPT ke MBR.

Banyak cara di web yang saya temukan untuk memecahkan permasalahan GPT ini dengan melakukan Clean seluruh isi harddisk, namun saya tidak mau menghapus semua isi harddisk karena document saya mencapai 700GB, walaupun ada harddisk outside 1TB untuk mem-backup seluruh harddisk, tapi backup sebanyak itu pasti memakan waktu yang lama. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan document ke harddisk semula.

Dari pada melakukan Clean seluruh harddisk anda dapat mengganti layout disk GPT ke MBR melalui sebuah aplikasi dan cara ini saya buktikan sendiri Berhasil dengan mulus tanpa kehilangan data. Cara ini berfungsi untuk instal Windows 7, Windows 8 atau Windows 10. Saya sendiri praktek dengan Windows 10 ke Windows 10 lagi karena saya merasa pc computer saya sudah kelebihan aplikasi sehingga saya ingin membersihkan seluruh aplikasi dan document yang tak berguna sampai keakar-akarnya dengan memformat seluruh Disk C:

Cara Instal Ulang Tanpa Kehilangan Data. Mengubah Partisi GPT menjadi MBR

1. Download Aplikasi ini : AOMEI Partition Manager

2. Instal Aplikasi dan Serial didalam document rar

3. Pilih Disk yang berformat GPT kemudian pilih Convert to MBR

Maksimal Local Disk yang bisa diconvert menjadi GPT adalah 3. Apabila Lacal Disk Anda lebih dari 3 silahkan gabungkan atau hapus native disk yang tidak digunakan.

4. Kemudian klik Apply pojok kiri atas dan tunggu prosses convert.

5. Lakukan instalasi home windows seperti biasanya.

6. Sampai ditahap ini saat direstart akan otomatis masuk ke boot, tidak bisa masuk ke windows.

7. Sekarang tidak ada pemberitahuan Windows Cannot Be Installed To This Disk, The Selected Disk Is Of The GPT Partition Style.

Instal ulang adalah proses yang sangat rawan dan sensitif jadi agar hati tenang dan mantap saya sarankan untuk tetap melakukan backup data-data penting seperti information kuliah, tugas ataupun data-data pekerjaan anda.

Apabila anda sudah terbiasa dengan proses instal ulang dan hanya mendapatkan masalah dengan layout GPT. Cara diatas adalah cara terbaik untuk bisa melakukan proses instal ulang tanpa harus melakukan Clean harddisk dan tanpa kehilangan information anda.

Cara Menggunakan Virtual Private Network

Dunia-Ilmu.com – Bagi Anda sebagai pengguna akan memulai klien VPN (perangkat lunak ) dari layanan VPN. Perangkat lunak ini akan mengenkripsi information Anda. Data...
admin
2 min read

Cara Membuat Jaringan Lokal Komputer (LAN)

Jaringan komputer adalah kumpulan beberpa perangkat baik itu komputer, laptop, notebook, netbook atupun sejenisnya yang saling terhubung satu sama lainnya. Begini Cara Membuat Jaringan Lokal...
admin
1 min read

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Genuine Permanen Gratis

Cara aktivasi home windows 10 Profesional / Enterprise / Home menjadi Genuine Permanent. Sekarang ini eksistensi home windows 7 sudah mulai tergerus dengan berkembangnya...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *