Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Mulai Lelet

1 min read

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Mulai Lelet
Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Mulai Lelet – Mempercepat kinerja ponsel ketika mulai lelet tidaklah sulit. Dengan beberapa langkah sederhana kita bisa kembali mendapatkan ponsel yang cepat. Ponsel yang mulai melambat biasanya disebabkan oleh penuhnya memori penyimpanan. Baik itu karena banyaknya data, cache, hingga berbagai aplikasi yang semestinya tidak digunakan. Bagi yang merasa phone kesayangan mulai lelet, bisa jadi anda mengalami kondisi demikian. Dari segi OS pun juga bisa anda identifikasi sebagai penyebabnya.

Operating gadget versi lama dan tak kunjung anda replace akan menyebabkan ponsel melambat kinerjanya. Pasalnya ponsel akan kesulitan beradaptasi dengan berbagai replace yang dimiliki oleh aplikasi serta berbagai pembaharuan lainnya. jadi untuk mempercepat kinerja ponsel, anda bisa menggunakan beberapa cara dan melakukan berbagai perbaikan di beberapa sektor. Nah untuk yang penasaran apa saja cara mempercepat kinerja smartphone, berikut ulasan caranya.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone

1.Bersihkan cache aplikasi

Data chace bisa menumpuk seiring bekerjanya aplikasi dalam waktu lama. Dengan cache yang menumpuk, memori inside akan terbebani sehingga kinerja ponsel melambat. Maka perlu sekali melonggarkan memori inside melalui proses penghapusan cache. Masuk ke menu Settings kemudian tekan Apps. Setelah itu pilih aplikasi yang memiliki banyak cache dan tekan opsi Clear Cache pada aplikasi tersebut.

2. Matikan animasi

Kurangi efek animasi yang dimiliki phone agar tidak membebani media pemrosesan. Baik itu wallpaper hingga gesturenya. Anda bisa masuk ke menu Settings kemudian tekan About phone. Cari menu Device Information atau System. Cari kolom Build Number dan sentuh kolom tersebut sebanyak 7 kali agar mode developer bisa diaktifkan. Setelah itu, masuklah ke kolom Transition animation scale, period scale, hingga Window animation scale dan ubah angka yang tertera menjadi 0,5x atau pilih opsi Animation off.

3. Matikan/hapus aplikasi tak terpakai

Jika anda memiliki aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tak terpakai sama sekali, sebaiknya hapus saja agar ruang pemrosesan tidak terlalu penuh. Jika ingin tetap menginstall aplikasi tersebut, anda bisa mematikannya terlebih dulu. Caranya masuk ke Settings kemudian tekan pilihan Apps. Setelah itu pilih aplikasi yang anda inginkan dan tekan pilihan disable.

4. Bersihkan house screen

Jika house display monitor memiliki pemintas aplikasi/shortcut yang banyak, maka akan menyebabkan kinerja phone lebih lambat. Cobalah hapus beberapa shortcut agar ruang kerja ponsel lebih lega. Untuk meminimalisir beban kerja ponsel, anda juga mesti memasang wallpaper statis. Wallpaper bergerak hanya akan membebani kinerja phone serta membuat baterai lebih cepat habis.

5. Update OS

Pastikan phone anda memiliki OS versi terbaru agar sesuai dengan pembaruan sistem serta aplikasi yang berlaku. Anda bisa mengecek ketersediaan updatenya dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih About Devices. Kemudian tap Software Updates dan sentuh opsi Check for Updates. Jika menemukan pembaruan segera unduh replace tersebut untuk memaksimalkan kinerja ponsel anda.

Itu dia beberapa cara agar ponsel android anda tetap maksimal kinerjanya tanpa khawatir lelet lagi. Selamat mencoba.

Harga dan Spesifikasi Google Pixel 6 vs Google Pixel…

Lini Google Pixel 6 , kendati tidak masuk Indonesia, mencuri perhatian dunia karena fitur-fitur barunya, juga chip Tensor yang dikembangkan sendiri oleh Google. Lantas,...
admin
2 min read

Segera Hapus dari HP Anda,Berikut Ini Daftar 25 Aplikasi…

Malware atau malicious tool merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang bisa ditemukan di ponsel Android. Malware di Android bekerja dengan cara menyusup ke...
admin
1 min read

Berikut ini Spesifikasi Dan Kelebihan Head Unit Android Orca…

Fungsi head unit di dalam mobil kini tak hanya sebagai sarana hiburan melalui musik. Dengan semakin canggihnya teknologi, head unit pun kini berevolusi menjadi...
admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *